Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memperkirakan puncak arus balik terjadi pada hari ini, Minggu (14/4), atau pada H+3 Lebaran 1445 Hijriah.

"Jadi, mungkin bisa dibilang hari ini jadi puncak arus balik, karena besok liburan sudah berakhir ya," kata General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa kepada ANTARA di Jakarta, Minggu.

Dia mengatakan jumlah penumpang telah meningkat signifikan sejak Lebaran 2024. Namun, hari ini dia memperkirakan akan ada peningkatan hingga 30 persen jika dibandingkan dengan hari biasa.

Kepadatan pada masa arus balik, kata dia, terjadi pada relasi Padalarang dan Tegalluar menuju Halim, berbeda dari saat sebelum Lebaran, di mana kepadatan terjadi pada relasi Halim menuju Bandung (Padalarang dan Tegalluar) di Jawa Barat.

Meski demikian, Eva mengatakan bahwa penumpang yang berangkat dari Halim menuju Padalarang atau Tegalluar juga tetap ramai.

Dengan perkiraan lonjakan hingga 20 ribu penumpang per hari ini, Eva memperkirakan puncak arus balik dari relasi Padalarang dan Tegalluar menuju Halim terjadi pada H+3 Lebaran atau pada hari ini.

"Sampai dengan siang ini saja yang sudah melakukan pemesanan tiket sudah sekitar 17 ribu. Prediksi kami di atas 20 ribu," katanya. "Jadi, kalau dari Padalarang menuju Jakarta paling tinggi itu hari ini," kata Eva menambahkan.

KCIC Halim menetapkan masa angkutan Lebaran 1445 Hijriah terjadi mulai dari 3 hingga 18 April 2024.

Selama periode tersebut, mereka mendirikan posko dengan menempatkan semua petugas di luar petugas stasiun untuk siaga di stasiun.

Baca juga: KCIC prediksi 20 ribu lebih penumpang Whoosh pada H+4 Lebaran

Baca juga: KCIC: Penumpang Whoosh meningkat 30 persen selama periode Lebaran

Pewarta: Katriana
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024