Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Umum (Perum) Damri menguji coba rute dari Stasiun Kereta Cepat Halim-Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) untuk mendukung pengoperasian Kereta Cepat Whoosh.

Dukungan integrasi antarmoda tersebut dihadirkan melalui layanan Jabodetabek Airport Connexion (JAC).

Flag off uji coba layanan bus JAC tersebut diadakan di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta Timur, Kamis (16/11).

Direktur Komersil dan Pengembangan Usaha Damri Dadan Rudiansyah dalam sambutannya sebagaimana keterangan yang diterima pada Kamis (16/11) malam mengatakan bahwa layanan yang disediakan Damri merupakan salah satu integrasi antarmoda untuk memudahkan para penumpang yang turun di Stasiun Kereta Cepat Halim maupun Bandara Soetta dalam memilih transportasi Damri.

"Penyediaan layanan ini merupakan upaya peningkatan konektivitas serta layanan transportasi yang aman dan nyaman bagi para penikmat transportasi publik. Damri berharap integrasi antarmoda ini bisa membuahkan hasil yang positif dan bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat," ujar Dadan.

Baca juga: Damri mulai operasikan bus listrik di Bandung

Layanan JAC Damri merupakan hasil kolaborasi antara Damri dengan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) sebagai unsur pendukung Kementerian Perhubungan yang dapat mendorong transformasi layanan transportasi publik secara lebih luas di seluruh Indonesia.

Dengan rute Stasiun Kereta Cepat Halim menuju Bandara Soetta, DAMRI hadir memberikan pelayanan yang menghubungkan kedua rute tersebut untuk memudahkan masyarakat melakukan perjalanan dari dan menuju Stasiun Kereta Cepat Halim.

Adapun, layanan Kereta Cepat Whoosh beroperasi mulai pukul 06.15-20.55 WIB, sedangkan untuk layanan Damri selama masa uji coba JAC, yaitu memiliki jam operasional mulai pukul 05.00-20.00 WIB untuk keberangkatan dari Bandara Soetta. Sedangkan pukul 07.00-22.00 WIB untuk keberangkatan dari Stasiun Kereta Cepat Halim.

Selama masa uji coba tersebut, Damri memberikan diskon layanan 50 persen, yaitu sebesar Rp40.000 dari harga normal Rp80.000.

Baca juga: Damri sediakan pilihan armada menuju Pantai Sawarna Lebak Banten

Turut hadir dalam kegiatan flag off uji coba layanan bus JAC tersebut, yakni Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Damri Joni Prasetiyanto, Kepala Divisi Komersil dan Pemasaran Damri Resta Mahardika, Kepala Divisi Pengembangan Usaha Damri Ramdhani Agung Sukirno dan jajaran manajemen lainnya serta Direktur Project Management & Business Development PT KCIC Allan Tandiono.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023