Seluruh komponen pada armada Damri dicek guna memastikan bahwa armada Damri dapat beroperasi secara prima dan optimal
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Umum (Perum) Damri memastikan kesiapan seluruh armada dalam melayani angkutan arus mudik Lebaran 2024, dalam kondisi yang baik dan laik operasi sehingga dapat mengantar pemudik ke kampung halaman dengan aman dan nyaman.

 

“Damri senantiasa memastikan seluruh lini operasinya siap melayani masa arus mudik lebaran 2024 sehingga pelanggan dapat memiliki kesan perjalanan yang menyenangkan dan bermakna,” kata Corporate Secretary Damri Chrystian R. M. Pohan dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

 

Menurutnya, memastikan kenyamanan dan keamanan pemudik sesuai dengan slogan yang telah diluncurkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk angkutan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah yaitu “Mudik Ceria, Penuh Makna”.

 

"Damri telah melaksanakan rangkaian kegiatan untuk memastikan bahwa kami siap untuk melayani arus mudik lebaran termasuk ramp check, medical check-up, dan pendirian posko mudik. Hal tersebut merupakan komitmen kami dalam mewujudkan slogan Mudik Ceria Penuh Makna," ujar Pohan.

 

Pohan mengatakan bahwa sebanyak 2.000 bus dioperasikan untuk melayani masyarakat selama masa angkutan arus mudik maupun balik Lebaran Idul Fitri 2024, yang tersebar di 44 cabang di seluruh Indonesia.

 

Pohan menerangkan bahwa keselamatan merupakan prioritas utama Damri sehingga dilakukan pemeriksaan kelaikan operasi (ramp check) pada setiap armada yang dilakukan sejak 13-28 Maret 2024 untuk seluruh unit armada.

 

Dia mengatakan ramp check itu dilakukan untuk memastikan kinerja dan kualitas layanan transportasi Damri memenuhi harapan masyarakat saat melakukan perjalanan mudik dan arus balik. Semua aspek mulai dari quality control (QC) dan quality assurance (QA) dipastikan dalam kondisi prima.

 

“Tim Damri melaksanakan ramp check terhitung mulai 13 Maret 2023 hingga 28 Maret 2023 di seluruh wilayah operasional Damri. Seluruh komponen pada armada Damri dicek guna memastikan bahwa armada Damri dapat beroperasi secara prima dan optimal,” ujar Pohan.

 

Selain itu, Pohan juga menambahkan bahwa seluruh kru bus telah melaksanakan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan bahwa pengemudi dan frontliner dalam kondisi sehat dan layak untuk bertugas melayani pelanggan Damri.

 

Lanjut Pohan, Damri juga telah mempersiapkan langkah-langkah antisipasi tambahan apabila terjadi kejadian yang tidak terduga selama arus mudik.

 

Dia menuturkan bahwa Damri akan menyediakan beberapa posko mekanik yang siap untuk membantu apabila ada armada yang membutuhkan suku cadang seperti di KM 49 Lampung, KM 102 Cipali, Kantor Pemasaran Damari Semarang, dan di beberapa Pool Damri seperti di Purwakarta dan Malang.

 

“Damri juga menyiapkan bus-bus cadangan di beberapa titik, seperti di KM 102 Cipali dan KM 519. Untuk menambah kenyamanan penumpang, Damri senantiasa melaksanakan pembersihan eksterior dan interior armada secara rutin,” jelas Pohan.

 

Selanjutnya, kata Pohan, fasilitas kenyamanan penumpang, seperti stop kontak dan leg rest juga melalui pemeriksaan dan perawatan secara rutin.

 

“Selain itu, layanan Call Center Damri senantiasa beroperasi 24 jam untuk memastikan terwujudnya slogan Mudik Ceria Penuh Makna,” kata Pohan.


Baca juga: Damri Lampung sebut tiket pada puncak arus mudik habis terjual
Baca juga: Damri siapkan 2.000 unit bus layani angkutan mudik Lebaran 2024
Baca juga: Damri usul 150 bus listrik lewat PMN dukung program pemerintah


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024