Tarif layanan akan mengalami penyesuaian menjelang Lebaran
Jakarta (ANTARA) - Corporate Secretary Perusahaan Umum (Perum) Damri Chrystian R. M. Pohan mengatakan pihaknya memperluas titik pemberhentian baru di Lampung demi meningkatkan konektivitas antardaerah sehingga bisa berkontribusi bagi perekonomian khususnya pada Lebaran 1445 Hijriah.

“Damri punya titik pemberhentian baru di Lampung, untuk rute perjalanan Jakarta-Lampung pulang pergi (PP), yang bisa dimanfaatkan masyarakat saat momen Lebaran 2024,” kata Chrystian di Jakarta, Senin.

Chrystian menyampaikan dengan tersedianya pemberhentian baru dan titik keberangkatan rute Jakarta - Lampung, Damri senantiasa berupaya mewujudkan konektivitas antardaerah yang terintegrasi antarmoda dan mudah diakses masyarakat.

Dia menuturkan bahwa pihaknya memperluas titik pemberhentian baru di Lampung, demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang menggunakan moda transportasi tersebut saat momen Lebaran Idul Fitri 2024.

Chrystian menjelaskan dengan adanya pemberhentian baru maka pihaknya melakukan penyesuaian tarif angkutan bagi moda transportasi tersebut dengan rute Jakarta-Lampung, menjelang arus mudik Lebaran 1445 Hijriah.

Baca juga: Damri "ramp check" armada pastikan laik jalan di periode Lebaran 2024
Baca juga: Pemkab Nagan Raya Aceh usulkan bantuan angkutan perintis ke Kemenhub


Chrystian menyebut jadwal operasional Damri rute Jakarta-Lampung yakni, pertama Gambir — Bandar Jaya. Tersedia keberangkatan dari loket Damri Stasiun Gambir setiap hari pukul 21.00 WIB. Tarif yang dikenakan sebesar Rp280.000.

Kedua, Gambir — Pasar Pulung Kencana, tersedia keberangkatan dari loket Damri Stasiun Gambir setiap hari pukul 20.00 WIB. Tarif yang dikenakan sebesar Rp310.000.

Ketiga, Gambir — Kota Bandar Lampung. Tersedia keberangkatan dari loket DAMRI St. Gambir setiap hari pukul 10.00, 19.00, 20.00, 21.00, dan 22.00 WIB. Tarif yang dikenakan sebesar Rp255.000.

Keempat, Bandara Jaya — Gambir. Tersedia keberangkatan dari Bandar Jaya setiap hari pukul 17.30 WIB. Tarif yang dikenakan sebesar Rp280.000.

Kelima, Pasar Pulung Kencana — Gambir. Tersedia keberangkatan dari Pasar Pulung Kencana setiap hari pukul 15.00 WIB. Tarif yang dikenakan sebesar Rp310.000.

Keenam Kota Bumi Lampung — Gambir. Tersedia keberangkatan dari Kota Bumi Lampung setiap hari pukul 16.00 WIB. Tarif yang dikenakan sebesar Rp295.000.

Baca juga: Damri rumuskan strategi saat raker 2024 guna tingkatkan pelayanan
Baca juga: Damri dan Transjakarta luncurkan 26 unit bus listrik


Lanjut Chrystian mengatakan bahwa perjalanan menuju Lampung selalu menjadi primadona bagi pelanggan setelah rute Transjawa saat perayaan hari besar nasional.

“Arus mudik Lebaran 2024 untuk rute Jakarta - Lampung tercatat lebih dari 14 ribu penumpang berdasarkan data pada 22 Maret 2024 dan volume penumpang akan terus mengalami penambahan. Tarif layanan akan mengalami penyesuaian menjelang Lebaran,” kata Chrystian.

Chrystian berharap dengan memperluas aksesibilitas dan konektivitas bagi masyarakat melalui moda transportasi darat dapat memperkuat hubungan ekonomi antarwilayah.

“Kami melihat potensi yang besar dalam mengembangkan pasar di Lampung, dan Damri siap untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan dengan pilihan transportasi jalan yang nyaman, aman, dan prima," kata Chrystian.

Baca juga: Damri uji coba layanan penumpang trayek Singkawang-Kuching
Baca juga: Damri hadirkan angkutan gratis Bumi Hejo – Stasiun Whoosh Padalarang


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024