Banyak layanan tambahan yang diberikan, salah satunya ketersediaan 80 lebih toko UMKM dan yang branded
Jakarta (ANTARA) -
PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyiapkan sebanyak 60 toko usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan 20 lebih produk bermerek (branded) di Stasiun Halim Jakarta, guna memberi kenyamanan para penumpang Whoosh.
 
Manajer Komunikasi Perusahaan PT KCIC Emir Monti mengatakan, fasilitas itu merupakan layanan tambahan untuk meningkatkan kenyamanan calon penumpang, sebelum melakukan perjalanan.
 
"Banyak layanan tambahan yang diberikan, salah satunya ketersediaan 80 lebih toko UMKM dan yang branded," kata Emir kepada ANTARA di Stasiun Halim, Jakarta, Selasa.
 
Ia menjelaskan, toko itu menawarkan berbagai macam produk, mulai dari makanan, minuman, suvenir, dan pakaian.
 
Menurut dia, dengan menawarkan hal itu, penumpang akan lebih mudah untuk memenuhi kebutuhannya yang terkadang lupa atau belum sempat dibeli saat hendak melakukan perjalanan kereta.
 
Lebih lanjut dia menjelaskan, selain toko di stasiun, KCIC juga sudah mengoperasikan gerbong kereta makanan untuk memanjakan para penumpang selama perjalanan.
 
Fasilitas itu ada di gerbong kelima di setiap rangkaian kereta cepat selama perjalanan, serta sudah beroperasi sejak 1 April dan untuk seterusnya.
 
Bahkan, khusus selama masa mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 1445 H, pengelola gerbong memberikan sejumlah penawaran menarik untuk penumpang.
 
Para penumpang melakukan tap tiket di pintu keberangkatan kereta cepat Whoosh di Stasiun KCIC Halim, Jakarta, Selasa (9/4/2024). ANTARA/Donny Aditra


Salah satunya diskon 25 persen untuk pembelian sejumlah produk makanan dan minuman mulai jam 6 sore sampai jadwal keberangkatan terakhir.
 
Emir menambahkan pada masa mudik tahun ini pergerakan penumpang Whoosh mulai mengalami peningkatan sejak 5 April 2024.
 
Pada jam-jam favorit, rata-rata okupansi atau keterisian penumpang mencapai 80 hingga 90 persen lebih. Sedangkan di luar jam sibuk, rata-rata penumpang di atas 60 persen.
 
Jam favorit pada masa lebaran yang dimaksud, yaitu mulai pukul 06.40 WIB hingga 15.02 WIB dengan okupansi rata-rata berkisar 85-98 persen.
 
Untuk kursi yang sudah terjual per 9 April pukul 12.00 WIB tercatat sebanyak 115 ribu tiket.

Baca juga: Momen mudik, Whoosh beri harga makanan diskon 25 persen
Baca juga: Jasa Marga tambah akses menuju Stasiun Whoosh Halim lewat tol
Baca juga: KCIC minta calon penumpang Whoosh perhatikan jadwal keberangkatan

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024