Jakarta (ANTARA) - WhatsApp, aplikasi perpesanan instan asal AS, merilis fitur "Pin Message" untuk pengguna sehingga bisa menyematkan pesan-pesan yang dinilainya penting.

Dalam siaran pers WhatsApp, fitur pesan yang disematkan dihadirkan tidak hanya untuk obrolan antara individu tapi juga untuk obrolan di dalam grup.

Fitur ini dirancang untuk membantu pengguna menghemat waktunya menemukan pesan yang relevan dengan lebih mudah.

Baca juga: WhatsApp luncurkan kemampuan dua akun dalam satu ponsel

Semua jenis pesan seperti teks, polling, gambar, emoji, dan lainnya dapat disematkan, dan semuanya dipastikan memiliki keamanan yang terjaga menggunakan enkripsi ujung ke ujung atau end-to-end encryption.

Fitur "Pin Message" dapat digunakan pengguna Android dan juga iOS, untuk menyematkan sebuah pesan penggun bisa menekan lama pada pesan yang ingin disematkan.

Setelah itu pilih "Sematkan" atau "Pin" dari menu titik tiga yang ada di bagian atas kanan obrolan. Nantinya setelah dipilih, akan muncul durasi pesan untuk disematkan mulai dari 24 jam, 7 hari, dan 30 hari.

Apabila tidak memilih, WhatsApp akan secara otomatis menyematkan pesan selama 7 hari.

Untuk menyematkan pesan dalam grup, admin dari grup memiliki opsi untuk memilih semua anggota atau hanya admin yang dapat menyematkan pesan.

Pengguna juga bisa melepaskan sematan pesan apabila dirasa tidak dibutuhkan lagi.

Baca juga: Everpro & Meta Indonesia Gelar WhatsApp Business Workshop

Baca juga: WhatsApp telah miliki lebih dari 500 juta pengguna di fitur "Saluran"

Baca juga: WhatsApp tambah fungsi kode rahasia dalam fitur "Chat Lock"

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023