Surabaya (ANTARA) - PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya menyiapkan sebanyak 62 lokomotif dan 331 kereta yang dalam kondisi siap operasi untuk mengantar penumpang yang akan melakukan perjalanan pada masa Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif dalam keterangannya di Surabaya, Kamis, mengatakan pemeriksaan harian dan berkala terus dilakukan oleh jajaran sarana untuk memastikan kondisi lokomotif tersebut handal selama masa Natal dan Tahun Baru di tiga depo, yaitu depo lokomotif Sidotopo, depo lokomotif Surabaya Pasar Turi dan juga depo lokomotif Malang.

Selain itu, kata dia, dalam proses bisnis kesehariannya, masing-masing depo melakukan proses perawatan sarana mulai dari disassembly, perawatan komponen, hingga assembly.

"KAI menyertakan petugas Teknisi Kereta Api (TKA) yang akan mengawal setiap perjalanan, sebagai antisipasi apabila terdapat gangguan keselamatan dan kenyamanan perjalanan KA,” ucapnya.

Di sisi lain, pihaknya juga menyiapkan sarana penolong apabila terdapat gangguan perjalanan KA, seperti kereta penolong yang dilengkapi dengan peralatan P3K dan juga kelengkapan peralatan teknis.

"Sarana penolong ini ditempatkan di Depo Surabaya Pasarturi dan Depo Malang, berdasarkan lokasi strategis apabila terdapat gangguan perjalanan KA," katanya.

Luqman Arif juga menambahkan, bahwa perawatan sarana KA memegang peranan penting dalam operasional perjalanan.

"Oleh sebab itu, berbagai persyaratan harus dimiliki oleh petugas sarana sebelum ditempatkan di Depo atau stasiun keberangkatan," tuturnya.

Tak hanya itu, lanjut dia, pihaknya juga memastikan Sumber Daya Manusia (SDM) bagian Sarana selalu siap dalam mengamankan dan menjaga kenyamanan perjalanan KA.

"Sebanyak 475 pekerja sarana telah mengantongi Sertifikat Kompetensi Tenaga Pemeriksa Sarana Kereta Api dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan Surat Tanda Tamat Pelatihan (STTP) dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan KAI," ujar Luqman.

“Pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2023/2024 ini, KAI akan mendukung penuh masa liburan ini dengan mengedepankan aspek Selamat, Nyaman, dan Handal," tuturnya.
 

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023