Toronto (ANTARA News) - Pemutaran perdana "The Fifth Estate" dicuplik dari drama utama tentang Julian Assange dan penciptaan Wikileaks, akan menandai pembukaan Festival Film Internasional Toronto (FFIT) ke-38, kata panitia, Selasa.

Festival film yang sering menghasilkan pemenang-pemenang, bersaing dengan penghargaan Oscar, sudah dikenal sebagai pendahulu penilaian Oscar.

Untuk penyelenggaraan tahun 2013, festival selama 11 hari yang akan dibuka pada 5 September ini akan menampilkan deretan artis seperti Meryl Streep, Idris Elba, Colin Firth, Chiwetel Ejiofor, George Clooney dan lain-lain.

Festival Film Toronto akan mempertunjukkan film asli tentang Wikileaks, kebangkitan Mandela dan perbudakan di Amerika, kata pihak penyelenggara.

Film Bill Condon yang dibintangi oleh Benedict Cumberbatch, berperan sebagai pendiri Wikileaks, Julian Assange, akan membuka festival tersebut.

"Drama menegangkan dari kisah nyata ini akan mengungkap berbagai penipuan, korupsi kekuasaan dan mengubah bintang internet abad 21 sebagai pusat pembicaraan."

Rentetan kejadian dalam film ini akan diawali dengan pertanyaan yang mengartikan pertanyaan zaman modern "Apa ongkos yang harus dibayar untuk menyimpan rahasia di tengah masyarakat bebas -- dan apa upahnya bagi mereka yang mengungkapkannya?"

Film ini juga dibintangi oleh David Thewlis, Stanley Tucci, Laura Linney, Anthon Mackie dan Dan Stevens.

Ini suatu film tentang apa yang kita yakini sebagai masalah terpenting masa kini "informasi dan siapa pengendalinya", kata penata artistik festival, Cameron Bailey dalam jumpa pers.

Festival akan memutar ratusan film pendek, dan menjadi perayaan terbesar di Amerika Utara yang secara tradisi diakui mengawali Oscar.

Tahun ini juga menandai perayaan 25 tahun film-film yang menakutkan, MidnightMadness, dan penyelenggara akan memutar gratis semua film "All teh Boys Love Mandy Lane".

Bailey juga mengatakan FFIT akan menampilkan 40 film karya sutradara dari Afrika Selatan, Prancis, Korea Selatan, Kanada, Australia, Jerman, AS dan Inggris.

Di antara film tersebut adalah karya Justin Chadwick tentang Nelson Mandel "Long Walk to Freedom" berdasarkan kisah nyata mantan presiden Afrika Selatan saat masa muda, masa sekolah dan 27 tahun menjalani hukuman penjara sebelum kemudian membangun masyarakat negaranya.

Idris Elba akan berperan sebagai Mandela dan Naomie Harris menjadi istri kedua, Winnie Mandela.

Sementara itu Jonathan Teplitzky menceritakan epik seorang tentara Inggris Eric Lomax, mengenai peran penerjemah, tanggungjawab dan tugas-tugasnya dalam kerja paksa selama Perang Dunia II dalam film "The Railway Man".

Sutradara Steve McQueen dalam film "12 tahun sebagai budak" melakukan kilas balik perjuangan kaum kulit hitam di New York yang diculik dan diperjualbelikan sebagai budak pada tahun 1841.

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013