Cianjur (ANTARA News) - Empat penumpang kapal imigran gelap yang karam di perairan Cianjur selatan pada Rabu dini hari tewas sementara puluhan lainnya berhasil diselamatkan, kata Kepala Satgana Palang Merah Indonesia (PMI) Cianjur, Ruddy Syahdiar.

Menurut dia, saat ini imigran gelap yang selamat dalam kecelakaan itu ditampung di Balai Desa Sukapura, Puskesmas Cidaun dan Balai perikanan di Pantai Jayanti.

Sebagian besar imigran penumpang kapal yang karam tersebut, lanjut dia, mendapat pertolongan medis dari Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Cianjur.

"Sedangkan untuk mencari korban yang dilaporkan masih hilang, kita bekerjasama dengan aparat kepolisian dan TNI. Saat ini kita fokus menyisir sepanjang pantai, guna menemukan korban yang selamat atau terbawa ombak ke pantai," katanya

Tim SAR Brimob Cipanas melakukan penyisiran ke tengah laut menggunakan perahu milik nelayan untuk mencari penumpang kapal yang belum ditemukan.

Kepala Kepolisian Resor Cianjur AKBP Dedy Kusuma Bakti mengatakan, polisi akan melakukan pencarian hingga malam menjelang dan sesuai ketentuan akan melanjutkannya sampai tiga hari ke depan.

"Kita akan pastikan terlebih dahulu berapa jumlah korban sebenarnya. Karena berdasarkan pengakuan para imigran jumlah mereka ratusan, namun itu belum tentu pasti," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013