Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae Yong bahagia dengan berlangsungnya ajang Nusantara Open 2023 yang memberi kesempatan menit bermain pemain muda.

Nusantara Open U-17 2023 merupakan turnamen yang diprakarsai oleh Akademi Sepak Bola Garudayaksa dan akan berlangsung di Komplek Garudayaksa, Jalan Cisaat, Setu, Bekasi.

"Sebagai pelatih timnas saya melihat turnamen seperti ini sangat bahagia karena memberikan turnamen seperti ini kepada anak muda," kata pelatih timnas Shin Tae Yong kepada pewarta, Kamis.

Baca juga: Prabowo buka Nusantara Open yang diharap munculkan pemain bertalenta

Shin Tae Yong mengungkapkan meski Prabowo Subianto yang merupakan Ketua Dewan Pembina Akademi Sepak Bola Garudayaksa tidak bergerak di bidang sepak bola namun memberikan perhatian yang lebih dengan menyelenggarakan Nusantara Open 2023 dan melakukan investasi dengan membangun komplek latihan tim.

"Memang pak Prabowo bukan orang yang bergerak di bola, tetapi tetap investasi dan perhatian kepada sepak bola. Jadi saya sangat berterima kasih sekali. Semoga ke depannya banyak turnamen seperti ini lagi," ungkap pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Baca juga: Akademi Sepak Bola Garudayaksa kirim tim PSLS berlatih di Qatar

Turnamen Nusantara Open 2023 akan berlangsung dengan durasi 2x30 menit. Masing-masing tim dapat mendaftarkan pemain sebanyak 23 pemain ditambah lima ofisial. Kompetisi ini akan menggunakan sistem pergantian pemain sebanyak tiga slot dengan maksimal tujuh pemain.

16 tim yang akan bersaing di Nusantara Open edisi kedua ini di antaranya Persib Bandung, Rans Nusantara FC, Arema FC, Borneo FC Samarinda, Garudayaksa Academy, PSS Sleman, Bali United FC, PSLS Lhoukseumawe.

Selain itu, Persija Jakarta, Maluku Utara Selection, Bhayangkara Presisi Indonesia, PSM Makassar, ASIOP, Persis Solo, PSIM Semarang, serta Bintang Timur Atambua.

Masing-masing tim yang tersebar dalam empat grup akan bermain sebanyak tiga kali untuk memperebutkan rangking. Tim yang berada di rangking satu dan dua lanjut ke fase knockout pada babak delapan besar, semi final, hingga grand final.

Nusantara Open 2023 total memperebutkan hadiah sebesar 2,5 miliar Rupiah yang terbagi juara pertama memperoleh 1 miliar Rupiah, juara kedua meraih 750 juta Rupiah dan semifinalis memperoleh hadiah 500 juta Rupiah.
 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023