Penyerahan bantuan kemanusiaan untuk Palestina ini merupakan penyerahan tahap kedua dari Kabupaten Sleman
Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), bersama Baznas Kabupaten Sleman menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina kepada Baznas RI untuk disalurkan secara langsung kepada rakyat Palestina.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo didampingi Ketua Baznas Sleman Kriswanto kepada Ketua Baznas RI Noor Achmad bertempat di Kantor Baznas RI, Jakarta, Kamis.

"Penyerahan bantuan kemanusiaan untuk Palestina ini merupakan penyerahan tahap kedua dari Kabupaten Sleman," kata Kustini dalam pesan tertulis yang diterima di Sleman, Kamis.

Sebelumnya Baznas Sleman telah menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina tahap pertama sebesar Rp150 juta. Kali ini bantuan yang diserahkan sebesar Rp1,43 miliar.

"Bantuan yang diserahkan kepada Baznas RI ini berasal dari infak ASN, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sekolah, masjid, kelurahan, dan warga Sleman yang dihimpun Baznas Kabupaten Sleman," katanya.

Baca juga: BAZNAS RI kembali kirim bantuan ke Palestina melalui Mesir

Kustini berharap bantuan yang diserahkan ke Baznas RI untuk disalurkan ke Palestina ini dapat membantu rakyat Palestina.

Ketua Baznas RI Noor Achmad menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Sleman dan warga Sleman yang telah memberikan infak sehingga bisa membantu rakyat Palestina.

Penyaluran bantuan kemanusiaan untuk Palestina, kata dia, bekerja sama dengan berbagai lembaga otoritas di wilayah Mesir.

Menurut dia, satu-satunya pintu masuk untuk menyalurkan bantuan kepada rakyat Palestina adalah melalui Mesir. Karena itu Baznas RI bekerja sama dengan lembaga yang punya otoritas, mengingat begitu ketatnya pemeriksaan oleh Israel.

Pihaknya akan berupaya agar seluruh bantuan yang telah dihimpun dapat tersalurkan dengan cepat dan tepat.

Ia juga memohonkan izin warga Sleman untuk menyalurkan bantuan tersebut tidak hanya untuk kemanusiaan saja, tetapi juga untuk pembangunan masjid, sekolah, rumah sakit, hingga pemukiman warga.

Baca juga: Indonesia desak bantuan kemanusiaan untuk warga Gaza segera dikirimkan
 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023