Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI bekerja sama dengan lembaga filantropi Mesir, Mishr Al-Kheir kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina sebanyak enam truk kontainer melalui Pintu Rafah Mesir.

"Pentingnya bantuan tersebut sebagai ekspresi nyata dari solidaritas masyarakat Indonesia kepada rakyat Palestina yang sampai saat ini masih menderita akibat agresi Israel," kata Pimpinan BAZNAS RI Saidah Sakwan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan bahwa tambahan bantuan yang dikirim merupakan aksi nyata masyarakat Indonesia membantu Palestina setelah sebelumnya telah mengirimkan bantuan di tahap pertama juga sebanyak enam truk kontainer.

"Bantuan berupa kushari (makanan khas Mesir), biskuit, dan bahan-bahan makanan lainnya. Kami akan terus mengirimkan bantuan-bantuan lainnya ke Palestina. Saat ini BAZNAS RI telah menjalin kerja sama dengan tiga lembaga filantropi terkemuka di Mesir," ujarnya.

Saidah mengatakan bahwa langkah tersebut menjadi salah satu bukti dari kebaikan hati masyarakat Indonesia dan kesungguhan BAZNAS dalam membawa bantuan kepada masyarakat Palestina yang membutuhkan.

"Semoga upaya ini membawa berkah dan harapan bagi mereka," katanya.

Baca juga: Baznas kirim bantuan kemanusiaan 12 kontainer untuk Palestina
Baca juga: Baznas bersama MUI dan Laznas siapkan bantuan untuk Palestina


Sementara itu, Direktur Utama Komunikasi Mishr Al Kheir, Dr Tariq Hasan Muhammad, mengatakan bantuan kemanusiaan masyarakat Indonesia melalui BAZNAS sangat berarti bagi masyarakat Palestina.

"Bantuan yang diberikan merupakan bentuk saling tolong menolong masyarakat Indonesia kepada keadaan pihak yang membutuhkan. Semoga peperangan dan tragedi yang menimpa Palestina segera berakhir," kata Tariq.

Lebih lanjut, Tariq mengatakan, bentuk kerja sama Mishr Al Kheir bersama BAZNAS RI dalam bantuan Palestina yang sangat diprioritaskan saat ini adalah penyaluran bantuan berupa bahan-bahan makanan, kesehatan, dan hal-hal yang bersifat darurat.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kairo Mesir, BAZNAS Indonesia, lembaga-lembaga filantropi asal Indonesia lainnya, dan secara umumnya kepada masyarakat Indonesia," ujar Tariq.

Baca juga: Indonesia desak bantuan kemanusiaan untuk warga Gaza segera dikirimkan
Baca juga: LazisNU serahkan bantuan Rp5 miliar untuk Palestina


Pewarta: Rivan Awal Lingga
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2023