Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Pakar Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN), Hamdan Zoelva, mengatakan, penyampaian calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan saat debat yang digelar oleh KPU sudah seperti ahli hukum.

"Saya tidak menyangka Pak Anies itu bisa menjelaskan negara hukum dan tujuan hukum itu seperti seorang ahli hukum berbicara" kata dia, di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Timnas AMIN: "Wakanda no more, Indonesia forever" adalah pesan penting

Menurut mantan ketua Mahkamah Konstitusi periode 2013-2015, Anies sudah menyampaikan apa yang telah menjadi visi misinya untuk memimpin Indonesia ke depan dengan baik.

Ia menjelaskan bahwa debat perdana capres yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum terutama bagi Anies sesuai yang diinginkan, karena apa yang telah didiskusikan semua tersampaikan.

Baca juga: Anies prihatin pedagang pasar Angso Duo Jambi terjerat rentenir

Menurut dia, konsentrasi Anies terkait permasalahan hukum di Indonesia diutarakan kepada masyarakat melalui debat, selain itu langkah-langkah yang akan dilakukan ketika nanti memimpin pun tersampaikan.

"Bagian hukum menjadi porsi terbesar pada debat kali ini. Dan ini menunjukkan konsentrasi dan perhatian terhadap permasalahan hukum sangat penting bagi Pak Anies," kata dia.

Baca juga: Hari ke-17 kampanye, Anies kampanye di Jambi tanpa Muhaimin

Zoelva menilai pada masa kampanye ini debat menjadi hal yang terpenting, karena masyarakat dapat mengetahui visi misi dan gagasan calon presiden yang akan memimpin 270 juta jiwa.

"Debat itu bagian penting dan bahkan paling penting dari kampanye. Karena para calon presiden atau wakil presiden itu berdiri tanpa bisa dibisikkan orang yang ikut menyusun program visi misi. Maka apa yang disampaikan itu apa yang menjadi cita-cita. Sehingga masyarakat tidak membeli kucing di dalam karung," katanya.

Baca juga: Anies janjikan bantuan hukum gratis saat kampanye di Pekanbaru

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum telah menyelenggarakan debat pertama peserta Pilpres 2024 di Jakarta, Selasa malam (12/12), dengan tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat diikuti tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden, yakni nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Baca juga: Timnas AMIN: Kajian pembangunan IKN harus diketahui masyarakat

Rangkaian debat akan dilanjutkan pada tanggal 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Timnas AMIN: seharusnya debat capres-cawapres tidak hanya lima kali

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023