pergerakan penumpang tertinggi di angka 170 ribu dengan 1.050 sampai 1.090 pergerakan pesawat
Tangerang (ANTARA) - PT Angkasa Pura II (Persero) Cabang Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, bakal melayani sebanyak 40.000-170.000 penumpang pesawat udara sejak H-3 masa libur Natal 2023 hingga Tahun Baru 2024.

Executive General Manager (EGM) Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda Wicaksana di Tangerang, Kamis, mengatakan bahwa PT Angkasa Pura II selaku pengelola bandara, saat ini tengah melakukan antisipasi adanya lonjakan tersebut.

"Kami prediksi lonjakan terjadi pada H-3 Natal dan untuk tahun baru pada H-2, di mana pergerakan penumpang tertinggi di angka 170 ribu dengan 1.050 sampai 1.090 pergerakan pesawat," katanya.

Ia mengungkapkan sebagai langkah antisipasi dini pihaknya pun melakukan penebalan pengamanan di sisi darat untuk menghindari terjadinya penumpukan penumpang dan kemacetan lalu lintas.

"Pengaturan lalu lintas kita koordinasi dengan Polresta Bandara Soetta dimana pada jam-jam tertentu sudah kita sepakati beberapa pengalihan jalur lalu lintas," ujarnya.

Kemudian, lanjut dia, terdapat penebalan di-"curbside" setiap terminal. Hal ini bertujuan mengurangi penurunan atau menaikkan penumpang terlalu lama di area "curbside" sehingga kemacetan bisa terurai.

Baca juga: 4,38 juta kursi penerbangan disiapkan untuk Natal-Tahun Baru 2024

Baca juga: AP II uji kesiapan prasarana jelang Natal dan Tahun Baru 2024


"Kami juga melakukan penebalan di sisi check-in area karena kita ketahui check-in area saat ini sudah menjadi area publik di seluruh Terminal 1,2 dan 3. Sehingga tetap perlu petugas untuk melakukan profiling dan memberi rasa aman kepada pengguna jasa bandara," tutur dia.

Sebelumnya, PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola utama di 20 bandara udara di Indonesia juga telah menyiapkan 4,38 juta kursi penumpang penerbangan selama periode angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Penyiapan 4,38 juta kursi itu dinilai cukup untuk mendukung permintaan dari maskapai penerbangan di 20 bandara yang diproyeksikan mencapai 4,03 juta penumpang pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Sejalan dengan proyeksi tersebut, AP II bersama pemangku kepentingan lain telah berkoordinasi guna memastikan ketersediaan kursi penumpang pesawat sesuai permohonan penerbangan tambahan (extra flight) dari maskapai di 20 bandara yaitu sebanyak 2.833 extra flight pada periode Natal dan Tahun Baru 2023/2024 terdiri atas 2.737 extra flight rute domestik dan 96 extra flight rute internasional.

Bandara-bandara yang dibawa pengelolaan AP II, juga memastikan kesiapan fasilitas layanan untuk menemani perjalanan keluarga, seperti playground untuk anak, nursery room dan fasilitas lainnya.

Fasilitas fast track di area security check point juga disiapkan bagi penumpang lanjut usia atau keluarga yang membawa anak kecil.

Baca juga: Bandara Soekarno-Hatta terapkan standar kesehatan COVID-19

Baca juga: Air Asia sediakan 25.200 kursi tambahan antisipasi akhir tahun

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023