Dari 59 rest area yang dimiliki oleh Jasa Marga Group, ada 17 rest area yang sudah dilengkapi SPKLU.
Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) menyediakan 17 titik stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang berada di rest area jalan tol untuk memenuhi kebutuhan pengguna mobil listrik saat periode libur natal dan tahun baru.

"Dari 59 rest area yang dimiliki oleh Jasa Marga Group, ada 17 rest area yang sudah dilengkapi SPKLU," kata Direktur Utama PT Jasa Marga Related Business Denny Abdurachman saat konferensi pers, di Jakarta, Kamis.

Lebih rinci, Denny menyebutkan sebaran rest area yang dilengkapi SPKLU, antara lain di Tol Jakarta-Tangerang (1 rest area), Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (2 rest area), dan Tol Jakarta Cikampek (3 rest area).

Kemudian di Tol Cipularang-Padaleunyi (2 rest area), Tol Palikanci (2 rest area), Tol Semarang-Batang (2 rest area), Tol Semarang-Solo (1 rest area), Tol Solo-Ngawi (2 rest area), dan Tol Ngawi-Kertosono (2 rest area).

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan pihaknya telah melakukan simulasi uji tempuh kendaraan listrik dengan memanfaatkan SPKLU di titik-titik yang tersedia.

"Apabila rencananya dari Jakarta sampai Semarang atau Jakarta sampai Surabaya, itu kami sudah simulasikan. Sangat cukup untuk dilakukan perjalanan, nanti bisa mengisi di titik-titik tersebut," ujarnya lagi.

Dia mengimbau kepada para pengguna mobil listrik untuk tidak meninggalkan kendaraannya terlalu lama ketika sedang melakukan pengisian daya agar bisa bergantian dengan pengguna lainnya.

"Mohon untuk tidak ditinggal makan pada saat mobil tersebut sedang lakukan charging. Jadi bisa langsung dipindahkan ke lokasi parkir yang memadai, supaya bisa bergantian juga dengan pengguna jalan lain yang ingin melakukan pengisian di SPKLU tersebut," katanya pula.

Lisye juga mengimbau kepada para pengendara untuk menggunakan rest area tidak lebih 30 menit guna mengantisipasi kepadatan pengunjung di rest area.

Selain menyediakan SPKLU, Jasa Marga juga meningkatkan pelayanan di rest area dengan menyediakan sejumlah fasilitas pendukung, seperti penambahan area parkir dan toilet serta penyediaan masjid, posko kesehatan, tempat istirahat sopir, hingga taman UMKM dan refleksi.

Jasa Marga juga berkoordinasi dengan Pertamina untuk memastikan kecukupan BBM serta kepolisian untuk mengatur arus lalu lintas di rest area.
Baca juga: Dukung kendaraan listrik, Jasa Marga hadirkan SPKLU di empat rest area

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023