Ini bukan hanya komitmen pribadi, tetapi komitmen bernegara. Ini merupakan perjuangan yang luar biasa penting untuk menegakkan martabat Republik Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menegaskan, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berkomitmen untuk terus bersinergi dan berkolaborasi memberantas korupsi dalam upaya meningkatkan kesadaran #KawalUangKita serta penguatan budaya integritas di seluruh lini yang berkeadilan, baik dalam sebuah sistem maupun institusi.

Komitmen tersebut harus dilakukan lantaran Kemenkeu merupakan institusi yang memiliki kewenangan sangat besar dalam mengelola dan menjaga keuangan negara.

"Ini bukan hanya komitmen pribadi, tetapi komitmen bernegara. Ini merupakan perjuangan yang luar biasa penting untuk menegakkan martabat Republik Indonesia,” ungkap Sri Mulyani dalam acara Puncak Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) Kemenkeu di Jakarta, Kamis.

Menkeu menyebutkan, peringatan Hakordia merupakan sebuah refleksi yang secara sistematis perlu dilakukan tindak lanjutnya berupa evaluasi kritis dan membangun kepercayaan publik.

Maka dari itu, Kemenkeu terus berupaya melakukan perbaikan serta mengambil langkah strategis untuk memperkuat budaya integritas dan sikap anti korupsi demi menjaga pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Ini merupakan perjuangan yang sangat sulit, menyakitkan, dan membutuhkan sebuah komitmen yang harus terus-menerus diperkuat. Di sinilah Kemenkeu perlu untuk menggaungkan sinergi memberantas korupsi,” tuturnya.

Menurut Bendahara negara tersebut, pemberantasan korupsi di lingkungan Kemenkeu membutuhkan pendekatan yang lebih mendasar, yaitu dengan melakukan tindakan pencegahan dan edukasi guna menumbuhkan kepedulian dan kesadaran budaya antikorupsi.

Untuk itu, dirinya bersama dengan seluruh jajaran Kemenkeu berkomitmen terus belajar untuk meningkatkan pemahaman dan peran aktif pegawai dalam memerangi korupsi dan menciptakan generasi baru yang bebas dari korupsi, serta membuat Kemenkeu menjadi institusi yang tangguh dalam melawan korupsi.

Sri Mulyani meyakini, mayoritas pegawai Kemenkeu memiliki dedikasi dan integritas yang baik, sehingga ia berterima kasih kepada seluruh jajaran Kemenkeu.

"Mari kita jaga bersama agar Kemenkeu terus menjadi institusi yang bisa menjadi contoh dari sisi pertempuran yang tidak akan pernah berakhir terhadap ancaman korupsi dan terus saling menguatkan agar bisa memenangkan pertempuran tersebut,” ucap Sri Mulyani.

Baca juga: Sri Mulyani: Penguatan integritas antikorupsi dukung pemulihan ekonomi
Baca juga: Sri Mulyani: Korupsi hambat negara untuk maju
Baca juga: KPK siapkan 3.000 penyuluh antikorupsi tanamkan nilai antirasuah

 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023