Moscow (ANTARA News) - Layanan migrasi Rusia telah memberikan dokumen yang memungkinkan buronan pembocor data intelijen Amerika Serikat, Edward Snowden, meninggalkan zona transit bandara Moskow, tempat ia bersembunyi sejak bulan lalu, kata kantor berita RIA Novosti, Rabu, lapor AFP.

Dokumen tersebut menegaskan bahwa permohonan suakanya di Rusia sedang dipertimbangkan tetapi juga memungkinkan Snowden untuk menyeberangi perbatasan Rusia asalkan penjaga perbatasan tidak keberatan, katanya.

Badan itu menambahkan bahwa dokumen itu sesungguhnya diberikan kepada pengacara yang membantu Snowden, Anatoly Kucherena. Yang bersangkutan saat berita ini diturunkan dalam perjalanan menuju bandara Sheremetyevo dan akan tiba dalam beberapa saat.

Kantor berita Interfax mengatakan Snowden bisa meninggalkan bandara dalam `beberapa jam mendatang`.

"Warga negara Amerika Serikat itu saat ini tengah bersiap-siap untuk pergi. Dia diberi baju baru," kata Interfax.

RIA Novosti mengutip sumber dari lembaga penjaga perbatasan Rusia yang mengatakan bahwa Snowden akan segera diperbolehkan untuk meninggalkan bandara setelah ia menunjukkan dokumen itu.

Snowden awal bulan ini mengajukan permohonan suaka, sebuah proses yang bisa memakan waktu hingga tiga bulan. Kucherena mengatakan jika Snowden mungkin akan mengajukan permohonan kewarganegaraan Rusia.


Penerjemah: Gusti Nur Cahya Aryani

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013