Jakarta (ANTARA) - Villarreal mengamankan tiket 16 besar Liga Europa, setelah pada pertandingan terakhir di fase grup menang 3-2 di markas Rennes, pada pertandingan yang berlangsung di Roazhon Park, Rennes, Kamis setempat atau Jumat dini hari WIB.

  Dengan kemenangan itu, Villarreal mengakhiri fase grup dengan memuncaki klasemen Grup F dengan 13 poin. Rennes berada di posisi kedua dengan 12 poin, dan akan memainkan pertandingan playoff untuk memperebutkan slot di 16 besar, demikian catatan laman resmi UEFA.

  The Yellow Submarine membuka keunggulan pada menit ke-36 melalui eksekusi penalti Gerard Moreno. Namun keunggulan Villarreal hanya bertahan semenit, sebab pada menit ke-37 Rennes menyamakan kedudukan berkat gol Lorenz Assignon. Skor imbang 1-1 menutup babak pertama.

  Tim tamu merestorasi keunggulan mereka pada menit ke-62 berkat gol Illias Akhomach. Rennes menyamakan kedudukan untuk kedua kalinya berkat gol Ludovic Blas pada menit ke-79, sebelum semenit kemudian Dani Parejo mencetak gol penentu kemenangan bagi tim Spanyol Villarreal.

  Pada pertandingan lain yang sudah tidak menentukan kiprah ke fase selanjutnya, tim Israel Macccabi Haifa mencatatkan kemenangan perdananya di fase grup Liga Europa musim ini dengan meraih kemenangan 2-1 di kandang Panathianikos.

  Maccabi memecah kebuntuan pada menit ke-20 berkat gol Dean David, sebelum Tjaron Chry menggandakan keunggulan timnya pada menit ke-74. Tim Yunani Panathianikos hanya mampu membalas satu gol melalui gol Fotis Ioannidis pada menit ke-89.

  Maccabi pun menduduki posisi ketiga dengan lima poin, sedangkan Panathianikos berada di posisi juru kunci dengan empat poin.

  Berikut klasemen akhir Grup F Liga Europa




























































 
Nomor Nama Main Menang Seri Kalah Memasukkan gol Kemasukan gol Poin
1 Villarreal 6 4 1 1 9 7 13
2 Rennes 6 4 0 2 13 6 12
3 Maccabi Haifa 6 1 2 3 3 9 5
4 Panathianikos 6 1 1 4 7 10 4
  Di Grup E, Liverpool yang sudah dipastikan lolos ke 16 besar bahkan sebelum pertandingan keenam dimainkan, harus menelan kekalahan 1-2 dari tuan rumah Union St Gilloise.

  Ketiga gol di pertandingan ini tercipta sebelum turun minum. Union St Gilloise unggul terlebih dahulu berkat gol Mohamed Amoura pada menit ke-32, yang dengan cepat disamakan oleh gol bek muda Liverpool Jarell Quansah. Union St Gilloise kemudian mengamankan kemenangan kedua di Liga Europa musim ini, berkat gol penutup dari Cameron Puertas pada menit ke-43.

  The Reds asuhan Juergen Klopp mengakhiri fase grup dengan memuncaki klasemen, dengan 12 poin. Klub Belgia Union St Gilloise berada di posisi ketiga dengan delapan poin.

  Berbanding terbalik dengan Liverpool, Toulouse justru berhasil membawa pulang kemenangan 2-1 saat melawat ke markas klub Austria, LASK.

  Ketiga gol pada laga ini tercipta setelah turun minum. Thijs Dallinga membuka keunggulan Toulouse pada menit ke-54, sebelum gol Marin Ljubicic membuat kedudukan kembali imbang pada menit ke-61. Gabriel Suazo menjadi pahlawan kemenangan Toulouse saat golnya merestorasi keunggulan timnya pada menit ke-83.

  Berikut klasemen akhir Grup E Liga Europa




























































 
Nomor Nama Main Menang Seri Kalah Memasukkan gol Kemasukan gol Poin
1 Liverpool 6 4 0 2 17 7 12
2 Toulouse 6 3 2 1 8 9 11
3 Union St Gilloise 6 2 2 2 5 8 8
4 LASK 6 1 0 5 6 12 3

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2023