Jakarta (ANTARA) - West Ham United menutup perjalanannya di fase grup dengan kemenangan 2-0 atas Freiburg, pada pertandingan Grup A yang dimainkan di Stadion London, Kamis setempat atau Jumat dini hari WIB.

Kemenangan itu membawa The Hammers memuncaki klasemen akhir Grup A dengan 15 poin dan lolos ke 16 besar, sedangkan pesaing langsung West Ham, Freiburg, harus menghuni posisi kedua dengan 12 poin dan mengikuti playoff, demikian catatan laman resmi UEFA.

Kedua gol kemenangan West Ham tercipta pada babak pertama. Penyerang asal Ghana Mohamed Kudus membuka keunggulan West Ham melalui golnya pada menit ke-14, sebelum Edson Alvarez menggandakan keunggulan tim London Timur itu dengan golnya pada menit ke-42.

Pada pertandingan lain di Grup A, Olympiacos mencatatkan kemenangan besar 5-2 atas tamunya yang berasal dari Serbia Backa Topola.

Gol pertama pada laga ini dibukukan oleh Ayoub El Kaabi pada menit ke-21, sebelum Daniel Podence menggandakan keunggulan Olympiacos pada menit ke-40. Pemain sayap asal Portugal Podence kemudian mengemas gol keduanya, sekaligus gol ketiga Olympiacos pada menit ke-42, dan gol bunuh diri Veljko Ilic pada menit ke-46 membuat tuan rumah memimpin 4-0 pada akhir babak pertama.

Backa memperkecil ketertinggalannya pada menit ke-48 berkat gol Ifet Djakovac, untuk kemudian Aleksandr Cirkovic membukukan gol kedua Backa pada menit ke-60. Namun asa Backa untuk mampu mengejar sirna, setelah Youssef El Arabi mengemas gol penutup untuk Olympiacos pada menit ke-67.

Kemenangan besar tersebut tidak berpengaruh pada posisi Olympiacos di klasemen akhir. Klub Yunani itu tetap berada di posisi ketiga dengan tujuh poin, sedangkan kekalahan kelima di fase grup bagi Backa membuat mereka harus puas berada di posisi keempat dengan satu poin.

Berikut klasemen akhir Grup A Liga Europa

Nomor Nama Main Menang Seri Kalah Memasukkan gol Kemasukan gol Poin
1 West Ham United 6 5 0 1 10 4 15
2 Freiburg 6 4 0 2 17 7 14
3 Olympiacos 6 2 1 3 11 14 7
4 Backa Topola 6 0 1 5 6 19 1

Baca juga: Brighton dan West Ham United pastikan tiket fase gugur Liga Europa

Selanjutnya: Grup B

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023