KAI Divre I SU menambah 1 perjalanan KA Sribilah Utama Fakultatif per hari rute Medan - Rantau Prapat (PP) dengan menggunakan rangkaian kereta kelas bisnis dan ekonomi untuk mengakomodir masyarakat yang akan menggunakan kereta api pada libur Natal da
Medan (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional I Sumatera Utara mengoperasikan satu kereta api tambahan "Sribilah Utama" dengan rute Medan - Rantau Prapat (PP) untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada periode Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Manajer Humas PT KAI Divre I Sumatera Utara, Anwar Solikhin di Medan, Jumat, mengatakan, pihaknya menambah 6.244 tempat duduk untuk kereta api tambahan Sribilah Utama.

Kereta api tambahan tersebut dioperasikan pada 24-25 Desember 2023 dan 29 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, dengan rute perjalanan dari Stasiun Medan, Tebing Tinggi, Kisaran, Mambang Muda, dan Rantau Prapat (PP).

"KAI Divre I SU menambah 1 perjalanan KA Sribilah Utama Fakultatif per hari rute Medan - Rantau Prapat (PP) dengan menggunakan rangkaian kereta kelas bisnis dan ekonomi untuk mengakomodir masyarakat yang akan menggunakan kereta api pada libur Natal dan tahun baru," katanya.

Baca juga: Daop 8 siapkan 331 kereta jelang Tahun Baru 2024

Tiket KA tambahan tersebut sudah dapat dipesan mulai Rabu, 13 Desember 2023, melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, dan seluruh channel penjualan online resmi lainnya. Loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

"Hadirnya KA Tambahan ini menunjukkan kesiapan KAI dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan yang ingin melakukan perjalanan di masa Nataru, serta merupakan wujud komitmen KAI untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya," tambahnya.

Sementara itu data yang ada menunjukkan, sampai dengan Kamis (14/12), tiket kereta api masa Natal dan tahun baru telah terjual sebanyak 23.133 lembar atau 16 persen dari tiket yang disediakan yakni 141.892 tiket, untuk periode angkutan 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

Dari jumlah tersebut mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yaitu tanggal 23 Desember 2023 dengan tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 60 persen.

"Jumlah tersebut masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung. Masyarakat dapat segera melakukan pemesanan tiket karena tiket KA masa natal dan tahun baru masih cukup banyak tersedia," katanya.

Baca juga: KAI prediksi puncak kepadatan penumpang libur Natal mulai pekan depan

Selain memberikan kemudahan pemesanan bagi masyarakat yang ingin bepergian dengan kereta api pada masa Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, KAI Divre I Sumatera Utara juga memberikan kemudahan apabila ada masyarakat yang ingin melakukan pembatalan tiket.

Saat ini, cukup dengan aplikasi Access by KAI masyarakat dapat dengan mudah melakukan pembatalan atau mengubah jadwal perjalanan kereta api tanpa harus datang langsung ke stasiun.

"Pembatalan dan mengubah jadwal perjalanan kereta api dapat dilakukan maksimal 3 jam sebelum KA berangkat dengan kode booking yang dimiliki berstatus paid/terbayar serta belum dicetak sebagai boarding pass," katanya.


 

Pewarta: Juraidi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023