Besok di semifinal harus lebih fokus lagi
Jakarta (ANTARA) - Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan menjaga fokus mereka jelang melakoni babak semifinal BWF World Tour Finals (WTF) 2023 di Hangzhou, China, Sabtu (16/12).

“Besok di semifinal harus lebih fokus lagi. Kami harus memperhatikan dan menjaga stamina karena lumayan terkuras di tiga pertandingan ini. Lawan siapapun besok kami harus siap,” kata Fajar, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI, Jumat.

Adapun pada hari ini, Fajar/Rian harus mengakui keunggulan Juara Dunia 2023 Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae pada babak ketiga fase grup, melalui rubber game 20-22, 21-17, 12-21.

Fajar/Rian mengatakan belajar banyak hal dari pertandingan yang berlangsung cukup alot tersebut, salah satunya adalah mengontrol emosi demi bisa tampil lepas dan tidak kehilangan fokus serta momentum.

Baca juga: Fajar/Rian dan Bagas/Fikri bertemu di hari pertama World Tour Finals

“Di gim pertama, setelah unggul 20-16 tapi tidak bisa menyelesaikan pertandingan karena kami terlalu terburu-buru. Malah banyak mati sendiri sementara Kang/Seo bermain lebih safe,” kata Fajar.

“Kami coba fokus terus di gim kedua, tidak terlalu memikirkan apa yang terjadi di gim pertama. Walaupun poinnya mepet-mepet tapi kami terus berusaha bagaimana menerapkan pola yang konsisten dari satu poin ke poin berikutnya,” ujar Rian menambahkan.

Namun, pasangan peringkat lima dunia itu mengakui bahwa wakil Korea Selatan mampu bermain lebih sabar sehingga pada akhirnya memegang kontrol permainan di gim pamungkas.

Baca juga: Fajar/Rian kantongi kemenangan kedua pada fase grup WTF

“Di gim ketiga mereka lebih rapat, sulit dimatikan dan beberapa kali bola tanggung berhasil dikembalikan. Itu membuat kami cukup kesulitan,” kata Fajar.

Dengan ini, maka Fajar/Rian dan Kang/Seo dipastikan untuk maju ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2023 setelah lolos dari fase grup B. Kedua pasangan ini kemungkinan akan bertemu dengan dua wakil tuan rumah di babak empat besar, yakni Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi dan Liang Wei Keng/Wang Chang yang memimpin klasemen grup A.

Sementara itu, hari ini, dua tunggal putra Indonesia yakni Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie masih akan memperjuangkan slot menuju empat besar. Ginting akan bertemu dengan Viktor Axelsen (Denmark) di babak ketiga fase grup A, sementara Jonatan akan berhadapan dengan Li Shi Feng (China).

Baca juga: Tim Indonesia siap tampil maksimal pada BWF World Tour Finals
Baca juga: Pelatih soroti masalah kepercayaan diri Fajar/Rian


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023