Jakarta (ANTARA) - Atlet Sekolah Khusus Olahraga Disabilitas (SKODI) Indonesia di bawah Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) mendapatkan pelajaran dan pengalaman berharga selama melakukan training camp dan try out dengan tim Paralympic Seoul di Seoul, Korea Selatan.

Selama menjalani pelatihan singkat dan latih tanding, yang berlangsung 12-15 Desember 2023 bersama dengan tim Paralympic Seoul, itu atlet SKODI Indonesia mendapatkan banyak pengalaman dan teknik pelatihan yang nantinya akan menjadi bekal.

Agenda tersebut diharap dapat memberikan pengalaman berharga tidak hanya bagi atlet tetapi juga bagi pelatih dan asisten pelatih yang menjadi satu kesatuan dengan tujuan peningkatan prestasi atlet disabilitas dalam setiap kejuaraan baik nasional maupun internasional.

Cabang olahraga paratenis meja misalnya, menurut pelatih tim Paralympic Seoul, Park Jae Hyung, atlet SKODI khusus cabang olahraga tenis meja memiliki bakat yang baik. Namun, ada beberapa catatan penting yang menjadi masukan agar bakat yang sudah ada ditunjang dengan teknik latihan yang juga baik.

"Perlu diusahakan untuk weight training diperbanyak dengan menggunakan Latihan elastis band atau karet untuk memperkuat otot. Perbanyak latihan drill bola dan untuk yang menggunakan wheelchair diusahakan tangan kiri digunakan untuk menggerakkan wheelchair itu sendiri (seolah-olah itu menjadi kakinya dia), kata Park Jae Hyung, seperti disiarkan laman Kemenpora RI, Jumat.

Training camp dan try out diikuti oleh 22 atlet, sembilan pelatih dan asisten pelatih dari empat cabang olahraga yaitu renang, atletik, tenis meja dan badminton serta official, pendamping dan tim pendukung seperti tenaga medis dan masseur.

Penanggungjawab Pembina Sentra Olahraga Disabilitas Junior pada Asisten Deputi Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi Kemenpora RI Agustien Rien berharap kegiatan tersebut dapat menumbuhkan dan bahkan mempertahankan mental bertanding bagi atlet, juga meningkatkan pengetahuan dan wawasan teknik pelatihan bagi pelatih.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora RI Andi Susanto. Dia berharap kerjasama program-program pelatihan seperti itu dapat terus dilanjutkan untuk peningkatan prestasi, khususnya di kancah internasional.

Baca juga: Atlet SKODI latih tanding dengan tim Palaympic Seoul

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023