Garut (ANTARA) - Wakil Bupati Garut Helmi Budiman menganjurkan semua pelaku usaha industri rokok di Kabupaten Garut, Jawa Barat agar melegalkan produknya sebagai barang kena cukai, sehingga produknya tidak akan terjaring razia penyitaan sebagai rokok ilegal.

"Mari kita menjadikan rokok yang kita buat itu didaftarkan, diregistrasikan, sehingga menjadi legal itu," kata Helmi Budiman di Garut, Jumat.

Ia menuturkan pemerintah daerah di Garut bersama Bea Cukai dan juga aparatur penegak hukum dari unsur kepolisian rutin melakukan sosialisasi terkait produk rokok yang harus memiliki pita cukai sebagai legalitas produk.

Selain itu, lanjut dia, tim gabungan rutin melakukan operasi memberantas peredaran rokok ilegal atau tidak disertai pita cukai yang beredar luas di pasaran wilayah Kabupaten Garut.

Baca juga: Bea Cukai Amankan Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal di wilayah Tegal dan Kudus

Ia menyebutkan selama operasi penyitaan produk ilegal itu terdapat barang bukti hasil dari razia wilayah Garut sebanyak 3.790.000 batang rokok yang saat ini sudah dimusnahkan.

"Jadi Garut ini sebagai tempat pemasaran daripada rokok ilegal," katanya.

Ia menyampaikan selama ini ada produsen rokok di Garut yang produksinya sudah legal dan bebas beredar di pasaran.

Produk rokok legal itu, kata dia, harus menjadi contoh bagi pelaku usaha rokok lainnya yang saat ini belum mematuhi aturan pemasaran produk yang kena cukai.

"Rokok-rokok yang di Garut ini juga banyak yang legal, ini kan bisa mengikuti jejak yang sudah legal," katanya.

Ia menambahkan alasan pemerintah menganjurkan produksi rokok harus legal, agar keberadaannya tidak merugikan negara dalam segi pendapatan negara dari cukai.

"Karena tadi kalau ilegal itu tadi salah satunya merugikan negara," katanya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Garut Usep Basuki Eko menyatakan, jajarannya dalam waktu tertentu rutin melaksanakan operasi rokok ilegal ke sejumlah pasar di wilayah Garut.

Hasil penyitaan itu, kata dia, setelah dibuat laporannya langsung dilakukan pemusnahan, selain itu melakukan pencegahan serta menekan peredaran barang kena cukai ilegal karena keberadaannya merugikan negara.

"Untuk rokok memang Kabupaten Garut banyak yang ilegalnya, tapi yang legalnya juga banyak ya gitu," katanya.

Baca juga: Kejari Tulungagung musnahkan ribuan bungkus rokok ilegal
Baca juga: Bea Cukai Musnahkan Rokok Ilegal Hasil Penindakan di Yogyakarta dan Tanjungpandan

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023