Jakarta (ANTARA) - Aktivis 98 Ray Rangkuti menilai tiga pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden kurang mengoptimalkan masa kampanye dan debat Pilpres 2024.

"Di (Pilpres) 2024 ini, pemilih bukan diajak berdebat isi kepala, tetapi berdebat gaya, cara, bagaimana joget dilakukan. Sayang sekali," kata Ray dalam diskusi bertajuk "Ilusi Pemilu dan Demokrasi: Suara Eksponen Aktivis Lintas Angkatan" di Kantor PARA Syndicate, Jakarta Selatan, Jakarta, Jumat.

Menurut Ray, dalam kampanye, para paslon presiden dan wakil presiden harus mengeluarkan gagasan terbaik untuk disampaikan kepada rakyat sebagai pemilih.

Baca juga: Pengamat: Keluarnya Prabowo dari oposisi tidak kurangi polarisasi

Gagasan yang dimaksud itu meliputi agenda-agenda penting untuk lima tahun mendatang apabila salah satu dari paslon itu terpilih sebagai presiden dan wakil presiden.

"Yang disebut dengan kampanye itu, Anda (capres/cawapres) keluarkan gagasannya seperti apa, apa yang harus dipikirkan dalam masa depan, apa yang Anda tawarkan kepada rakyat selama lima tahun," kata Ray.

Selain itu, dia juga mengimbau para capres-cawapres untuk memanfaatkan forum-forum debat yang diprakarsai oleh masyarakat, meskipun ada forum debat resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

"Sepanjang sejarah pemilu kita, masyarakat dengan senang hati memfasilitasi dibuatnya perdebatan-perdebatan. Sayangnya, forum debat itu tidak dioptimalkan," ujar Ray Rangkuti.

Baca juga: Pengamat UI: KPU seharusnya rombak total format debat

Untuk diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sudah menggelar debat pertama capres Pemilu 2024 di Jakarta, Selasa (12/12).

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Pengamat sebut Gus Miftah berikan dampak elektoral ke Prabowo-Gibran

Pewarta: Aprillio Abdullah Akbar
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023