Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengajak para perempuan Indonesia untuk meneladani dan melestarikan perjuangan para pahlawan dan tokoh perempuan terdahulu yang berhasil membukakan pintu pergerakan.

"Kita semua kembali diingatkan bahwa semangat perjuangan para pahlawan dan tokoh perempuan harus menjadi inspirasi kita semua untuk terus melakukan perubahan, memperjuangkan pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender, serta mencetak sejarah baru yang kelak akan diwariskan kepada generasi penerus bangsa," kata Bintang Puspayoga dalam keterangan, di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Menteri Bintang anjangsana ke perempuan pejuang dalam rangka Hari Ibu

Hal itu disampaikan Menteri Bintang saat melakukan ziarah dan tabur bunga di Taman Makan Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, dalam rangka peringatan Hari Ibu tahun 2023.

"Prosesi ziarah dan anjangsana menjelang peringatan Hari Ibu yang rutin diselenggarakan setiap tahun adalah untuk mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan dan tokoh perempuan Indonesia yang telah gugur," kata Bintang Puspayoga.

Dalam upacara ziarah yang berlangsung dengan khidmat, Menteri PPPA meletakkan rangkaian bunga di TMP Kalibata sebagai bentuk penghormatan, tanda jasa, dan mengenang perjuangan para pahlawan Indonesia dan bergerak menuju makam para pahlawan dan tokoh perempuan Indonesia untuk prosesi tabur bunga dan mendoakan arwah para pahlawan perempuan yang memberikan sumbangsih nyata atas pergerakan pemberdayaan perempuan di Indonesia.

Baca juga: Menteri PPPA serahkan paket bantuan untuk anak Kampung Pemulung Cinere

Menteri Bintang menabur bunga ke makam para pahlawan dan tokoh perempuan Indonesia di antaranya Ainun Habibie, Ani Yudhoyono, Hamzatun Roesjda Kiemas, Johana Sunarti Nasution, para Menteri PPPA terdahulu Lasiah Sutanto, Sulasikin Murpratomo, Mien Sugandhi, dan pejuang perempuan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri PPPA juga memberikan paket bantuan kepada petugas TMP Kalibata berupa dignity kit dan sembako.

Baca juga: Bintang: Perlindungan perempuan & anak investasi masa depan lebih baik

"Pemberian paket bantuan kepada para petugas TMP Kalibata ini merupakan wujud bakti kami dan terima kasih kami atas dedikasi dalam menjaga dan merawat makam ini dengan baik. Sinergi dan kolaborasi menjadi kunci dan kekuatan kita bersama untuk memberikan yang terbaik bagi saudara-saudara sesama dan perempuan Indonesia," katanya.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023