pasokan listrik selama Natal 2023 dN Tahun Baru 2024 dalam kondisi aman. PT PLN (Persero) menyiapkan 1.853 posko siaga kelistrikan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyampaikan bahwa PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menyiapkan sebanyak 1.853 posko siaga kelistrikan pada periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang berlangsung 15 Desember 2023 hingga 8 Januari 2024.

"Untuk sektor ketenagalistrikan, pasokan listrik selama Natal 2023 dN Tahun Baru 2024 dalam kondisi aman. PT PLN (Persero) menyiapkan 1.853 posko siaga kelistrikan," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Ida Nuryatin dalam Konferensi Pers Posko Nasional Sektor ESDM di Jakarta, Jumat.

Ida mengatakan PLN juga melakukan pengamanan pasokan listrik dengan "back up" khusus di 2.378 gereja, 340 bandara dan 629 stasiun kereta api, 247 terminal, 2.439 pelabuhan, lapangan kegiatan keagamaan dan tempat acara yang ditunjuk.

Adapun upaya untuk menjamin pasokan listrik di antaranya yakni menjaga keandalan dengan memastikan kecukupan sumber energi primer dan juga kesiapan pembangkit serta infrastruktur pendukung.

Sementara itu, Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan sebanyak 80.233 personel disiagakan selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Baca juga: PLN terapkan masa siaga kelistrikan periode Natal dan tahun baru

Baca juga: PLN EPI tegaskan komitmen kelola pasokan batu bara dengan bijak


PLN juga menyiagakan sebanyak 130 tim pekerjaan dalam keadaan bertegangan (PDKB) dengan jumlah 1.040 personel yang tersebar di setiap posko.

"PLN telah memajukan pemeliharaan infrastruktur kelistrikan sebelum masa siaga Natal dan tahun baru. Oleh karena itu, dipastikan saat perayaan Natal dan tahun baru tidak ada pemeliharaan sehingga pasokan listrik Insya Allah akan terus andal," ujar Darmawan.

Ia mengatakan PLN telah melakukan upaya-upaya preventif dari hulu hingga hilir, mulai dari kesiapan energi primer untuk pembangkit serta keandalan pembangkit hingga jaringan transmisi dan distribusi.

PLN juga telah berkoordinasi dan berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan untuk mengamankan pasokan listrik di titik-titik prioritas selama perayaan Natal dan tahun baru.

"Kami akan utamakan pengamanan listrik di tempat-tempat ibadah dan lokasi-lokasi prioritas lainnya seperti pusat transportasi, pusat kesehatan hingga pusat keramaian terjamin keandalannya," ucap Darmawan.

Baca juga: ESDM: Rasio elektrifikasi BPBL capai 99,74 persen secara nasional

Baca juga: PLN dukung kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023