kami pastikan pasokan di situ lancar
Jakarta (ANTARA) - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mendukung kelancaran pasokan listrik selama kegiatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di DKI Jakarta terutama saat perhitungan suara demi suksesnya perhelatan lima tahunan tersebut.

"Kalau yang paling krusial itu adalah di tempat perhitungan suara, kami pastikan pasokan di situ lancar," kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Lasiran di Jakarta, Selasa.

Lasiran mengatakan PLN sudah mengidentifikasi tempat-tempat perhitungan suara, baik di tingkat kecamatan, kota, maupun provinsi.

"Itu sudah kami identifikasi lokasinya di mana, sudah kami siapkan skenario pengamanan (pasokan listrik)," kata Lasiran.

Untuk kantor-kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di tingkat kota dan provinsi, PLN menyediakan tiga lapis pasokan listrik.

"Kalau biasanya itu dua lapis, tapi kini kita tambah satu lapis UPS (Uninterruptible Power Supply) saat pemilu. Jadi lapis satu PLN, lapis dua PLN, lapis tiga UPS. Itu untuk semua untuk kota/ kabupaten dan provinsi," kata Lasiran.

Adapun untuk UPS, kata Lasiran, akan dipasang pada Januari 2024.

Sementara itu, untuk tempat perhitungan suara di kecamatan pihaknya menyediakan penggantian otomatis  atau automatic change over tegangan rendah (ACO TR).

"Untuk kecamatan dan GOR itu dua lapis pasokan menggunakan ACO TR," lanjut Lasiran.

Lebih lanjut, Lasiran mengatakan PLN juga siap menyediakan pasokan listrik untuk rangkaian debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024 jika tetap diselenggarakan di Jakarta.

Sedangkan untuk debat capres pertama yang diselenggarakan hari Selasa, PLN telah menyediakan lima lapis pasokan listrik untuk menjamin kegiatan berjalan lancar.

"Kalau ada yang di Jakarta lagi (debat capres-cawapres), ya kami siapkan (pasokan listrik)," kata General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran saat ditemui di Jakarta pada Selasa.

Lasiran menyebutkan bahwa pihaknya belum menerima informasi lebih lanjut mengenai lokasi debat capres-cawapres berikutnya.

"Kan mungkin debatnya, lima-limanya tidak di Jakarta, kita belum tahu. Tapi yang jelas satu sudah dikasih tahu (debat capres pertama), yang lainnya belum dikasih tahu. Tetapi nanti kalau ada informasi, kita akan siapkan," ucap Lasiran.
Baca juga: Jalan di depan KPU RI sudah ditutup jelang debat Capres 2024
Baca juga: Soal persiapan debat, Prabowo: "Kumaha engke"
Baca juga: Airlangga: Debat capres-cawapres bukan soal untung rugi


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023