Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan debat capres-cawapres selama masa kampanye Pilpres 2024 bukan persoalan tentang untung atau rugi.

"Debat kan bukan untung (atau) rugi," kata Airlangga di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa.

Menteri koordinator bidang perekonomian itu menambahkan ada tim yang memberikan masukan kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk menjalani debat.

Soal jawaban dalam debat akan berpengaruh terhadap elektabilitas pasangan calon, Airlangga mengatakan bahwa persoalan tingkat keterpilihan itu masih panjang.

Dia juga menganggap masih tingginya persentase pemilih mengambang (swing voters) merupakan hal baik untuk diraih.

"Ya, nggak apa-apa, bagus (kalau pemilih mengambang tinggi)," tambah Airlangga.

Baca juga: Diremehkan jelang debat, Golkar: Gibran akan lebih dari ekspektasi

Airlangga mengatakan dirinya akan hadir langsung di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, Selasa petang, untuk menyaksikan debat perdana. Dia juga yakin capres Prabowo Subianto, yang didukung Partai Golkar, akan mampu tampil dengan baik dalam debat tersebut.

"Haqul yakin," kata Airlangga.

KPU telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 yang akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Debat pertama, Selasa malam, mengangkat tema tentang pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

KPU juga telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (nomor urut 3).

Baca juga: Prabowo olahraga renang dan bekerja seperti biasa jelang debat

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga, Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023