Jadi ada baiknya sebelum itu (harga) naik, sediakan stok yang cukup
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik Zoelkifli mendesak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjaga stok daging menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Saya minta Pemprov DKI mengkoordinir seluruh BUMD pangan untuk memastikan ketersediaan daging, karena akhir tahun dan awal tahun depan ini momentum istimewa," kata Taufik saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Taufik menuturkan tahun baru identik sebagai momentum yang akan berkaitan dengan permintaan yang tinggi.

Karena itu, dia meminta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) bidang pangan DKI Jakarta seperti Perumda Dharma Jaya, PT Food Station Tjipinang Jaya dan Perumda Pasar Jaya menjamin ketersediaan stok kebutuhan masyarakat jelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 hingga Hari Raya Idul Fitri tahun 2024.

Dia juga mengingatkan agar BUMD bidang pangan tidak hanya fokus pada ketersediaan stok saja, namun juga menjaga stabilisasi harga pangan di pasar.

"Jadi jangan hanya stok saja yang dijaga, tapi juga harganya harus stabil atau terjangkau bagi masyarakat," katanya.

Baca juga: Perumda Dharma Jaya perluas produk hewani dengan menambah tiga gerai
Baca juga: Perumda Dharma Jaya gelar operasi pasar daging ayam selama lima hari


Anggota Komisi B DPRD DKI Gilbert Simanjuntak meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dan BUMD bidang pangan tidak memitigasi terjadinya lonjakan harga seperti cabai merah yang saat ini mencapai harga Rp120 ribu per kilogram (kg).

“Jadi ada baiknya sebelum itu (harga) naik, sediakan stok yang cukup,” tutur Gilbert.

Direktur Utama Perumda Dharma Jaya Raditya Endra Budiman mengatakan, pihaknya akan meningkatkan stok daging hingga lebaran tahun depan.

"Stok cadangan ditingkatkan tiga kali lipat akan kita lakukan sambil melihat animo dan kebutuhan masyarakat," kata Raditya.

Raditya menambahkan, langkah itu dilakukan sesuai instruksi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam rapat koordinasi dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi DKI Jakarta beberapa hari lalu.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023