"Sosialisasi ini merupakan bagian dari pelaksanaan Operasi Mantap Brata Pengamanan Pemilu 2024,"
Mamuju (ANTARA) - Polres Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan sosialisasi pentingnya pemilu yang aman dan damai kepada masyarakat pesisir di daerah itu.

"Sosialisasi ini merupakan bagian dari pelaksanaan Operasi Mantap Brata Pengamanan Pemilu 2024," kata Kapolres Mamuju Tengah Ajun Komisaris Besar Polisi Amri Yudhy, Jumat.

Sosialisasi pemilu damai itu dilaksanakan oleh Subsatgas Polairud Polres Mamuju Tengah di wilayah pesisir pantai Babana, Kecamatan Budong-budong, Kabupaten Mamuju Tengah.

Upaya yang dilakukan personel Polairud dalam sosialisasi pemilu damai di wilayah pesisir itu lanjut Kapolres, menjadi bukti bahwa kebersamaan Polri dan masyarakat, memegang peranan penting dalam menciptakan lingkungan yang kondusif menjelang dan selama pelaksanaan pemilu.

"Para personel Polairud Polres Mamuju Tengah tersebut mendatangi masyarakat yang tinggal di pesisir dengan tujuan mensosialisasikan pentingnya pemilu yang aman dan damai," ujar Amri Yudhy.

Sementara, Kepala Satuan Polairud Polres Mamuju Tengah Iptu Jasman mengatakan bahwa kehadiran personel Polairud di tengah-tengah masyarakat, bukan hanya memberikan sosialisasi, namun juga untuk membangun kepercayaan dan memperkuat ikatan antara kepolisian dengan masyarakat pesisir.

"Kami ingin masyarakat merasa bahwa kepolisian adalah bagian dari mereka serta keamanan dalam pemilu adalah tanggung jawab bersama untuk masa depan yang lebih baik," kata Jasman.

Selain menyampaikan pesan tentang pentingnya menjaga ketertiban dalam proses pemilu, personel Subsatgas Polairud juga memberikan pemahaman mengenai prosedur pemilihan dan hak-hak dalam pemilihan umum kepada masyarakat.

Langkah itu menurut Jasman, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik dan membantu masyarakat dalam menyongsong proses pemilu dengan penuh kesadaran akan perannya sebagai bagian dari demokrasi.

Para nelayan tambah Kasat Polairud, menilai bahwa kehadiran personel kepolisian memberikan semangat baru dalam memahami pentingnya peran bersama dalam menjaga keamanan dan ketertiban dalam proses demokrasi.

"Respon dari masyarakat pesisir terhadap kedatangan Subsatgas Polairud sangat positif. Mereka menyambut baik upaya kepolisian dalam mendekatkan diri untuk berkomunikasi dan menyampaikan pesan penting terkait pemilu," terang Jasman.

Pewarta: Amirullah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023