Ini yang disebut konsep tadabbur alam, beribadah sekaligus memuliakan Sang Pencipta Alam
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan Masjid Al Irsyad di Kawasan Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Jawa Barat, tidak hanya sebagai sarana ibadah, tapi telah menjadi ikon wisata religi Kabupaten Bandung Barat.

"Masjid Al Irsyad, yang jadi ikon wisata religi di KBB (Kabupaten Bandung Barat) ini didesain oleh sahabat kita, Kang Emil (Ridwan Kamil) dan uniknya masjid ini tidak ada kubahnya, namun super keren dari segi desain dan kita bisa nikmati pengalaman yang unik, lain daripada yang lain saat shalat di sini," ujar Sandiaga saat melaksanakan shalat Dzuhur di masjid tersebut, Kamis (14/12/2023), sebagaimana dikutip dari keterangannya di Jakarta, Jumat.
 
Menparekraf mengatakan daya tarik dari masjid ini tidak lepas dari arsitektur hasil karya mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
 
Bentuk masjid yang diresmikan pada tahun 2010 ini terinspirasi dari Masjidil Haram dan Ka'bah yang berbentuk kotak.
 
Keunikan lain masjid berkapasitas 1.500 jemaah ini juga bisa dilihat dari dinding masjid. Kisi-kisi dinding masjid dibuat dengan susunan bata bolong yang membentuk dua kalimat syahadat dalam huruf Arab.
 
"Karena pemandangannya di sini luar biasa. Biasanya masjid-masjid itu tidak ada pemandangannya tertutup tembok semua, di sini depan tempat imam ada kaligrafi Allah di atas kolam air, pemandangannya terbuka, super keren," ujarnya.
 
Menparekraf kemudian mengajak wisatawan untuk dapat singgah dan merasakan langsung berbagai keunikan dari masjid ini.
 
"Silakan datang untuk menikmati sensasi shalat dengan pemandangan yang luar biasa. Ini yang disebut konsep tadabbur alam, beribadah sekaligus memuliakan Sang Pencipta Alam. Ini yang ingin kita kembangkan juga," ujarnya.

Baca juga: Menparekraf dorong generasi muda manfaatkan potensi ekonomi digital
Baca juga: Sandiaga harap Rakornas Parekraf perkuat kolaborasi dengan stakeholder
Baca juga: Kemenparekraf targetkan 14,3 juta kunjungan wisman pada 2024

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023