Jakarta (ANTARA) -
Senior Muda Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) dan Pemuda Kristen mendeklarasikan dukungan mereka kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada Pilpres 2024.

Bertempat di Gedung Joang '45 Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta, Jumat, Ketua Panitia Deklarasi Martin Sihaan mengatakan dukungan tersebut bakal menambah kekuatan untuk Ganjar-Mahfud memenangi Pilpres 2024.

"Pak Ganjar dan Pak Mahfud ini sosok yang egaliter, adil, jujur, berani, dan plural. Tipe pemimpin yang memang dibutuhkan untuk memimpin Indonesia," kata Martin.

Dalam deklarasi tersebut, ratusan relawan hadir bersama sejumlah artis papan atas Indonesia, seperti Once Mekel dan Roy Marten.

Baca juga: TPN: Program KTP Sakti Ganjar-Mahfud sejalan dengan IKD gagasan Jokowi

Inisiator Senior Muda GMKI dan Pemuda Kristen Ganjar-Mahfud, Dikson Ringo, mengatakan kelompoknya siap membantu memenangkan paslon tersebut dengan mengajak, membina, dan mempersiapkan pemuda Kristen di 116 titik se-Indonesia.

"Setelah deklarasi ini, kami akan membagi tugas untuk memenangkan Ganjar-Mahfud," kata Dikson.

Dalam Pilpres 2024, paslon Ganjar-Mahfud memiliki visi Menuju Indonesia Unggul: Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari.

Ganjar-Mahfud memiliki delapan misi, meliputi mempercepat pembangunan manusia Indonesia unggul yang berkualitas, produktif, dan berkepribadian.

Kemudian, mempercepat penguasaan sains dan teknologi melalui percepatan riset dan inovasi berdikari; mempercepat pembangunan ekonomi berdikari berbasis pengetahuan dan nilai tambah; mempercepat pemerataan pembangunan ekonomi; dan mempercepat pembangunan sistem digital nasional.

Baca juga: TPN: 17 juta lapangan kerja baru adalah kebutuhan dan keharusan

Selanjutnya, mempercepat perwujudan lingkungan hidup berkelanjutan melalui ekonomi hijau dan biru; mempercepat pelaksanaan demokrasi substantif, penghormatan hak asasi manusia (HAM), supremasi hukum yang berkeadilan dan keamanan yang progresional; serta mempercepat peningkatan peran Indonesia dalam mewujudkan tata dunia baru yang lebih berkeadilan melalui politik luar negeri bebas aktif dan memperkuat pertahanan negara.

KPU RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Lauhil Mahfud Priangan Timur bertekad menangkan Ganjar-Mahfud

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023