kali ini kami bekerja sama dengan Puspom TNI untuk mengkoordinir seluruh TNI yang ada di Bandara Soetta
Tangerang (ANTARA) - Pengelola Bandara Soekarno-Hatta  menyebutkan Unit Penjinak Bom (Jibom) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) ikut menjaga dan mengamankan kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten, selama libur akhir tahun Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Untuk pasukan jibom sebenarnya tidak disiagakan, hanya saja pada periode Natal dan tahun baru kali ini pengamanannya kami tingkatkan lagi di area Bandara Soekarno-Hatta," kata Executive General Manager (EGM) Bandara Soetta Dwi Ananda Wicaksana di Tangerang, Jumat.

Ia mengatakan, unit Jibom itu diturunkan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya gangguan keamanan menjelang dan selama Hari Raya Natal dan tahun baru kali ini.

Pasalnya, selama periode itu pergerakan penumpang di area Bandara Soetta diperkirakan melonjak hingga 12,5 persen.

Lebih lanjut, Dwi menjelaskan, pihaknya telah mengerahkan 4.000 personel gabungan untuk mengamankan selama peak season Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Baca juga: Badara Kualanamu bakal layani 450 ribu penumpang Natal dan tahun baru

Baca juga: Bandara Soetta kerahkan 4.000 petugas periode libur Natal-tahun baru


Adapun personel yang disiapkan selama pengamanan itu, terdiri atas personel Aviation Security, Airport Rescue & Fire Fighting, Apron Movement Control, Customer Service, Terminal Inspection Service, Digital Service, TNI/Polri, Imigrasi, Bea Cukai, KKP dan lainnya.

"Berbeda dengan periode Natal dan tahun baru sebelumnya, kali ini kami bekerja sama dengan Puspom TNI untuk mengkoordinir seluruh TNI yang ada di Bandara Soetta," kata dia.

Menurutnya, fokus penanganan selama periode Natal dan tahun baru dilakukan pada seluruh terminal  di Bandara Soetta. Nantinya, area di dalam Bandara Soetta akan dilakukan penebalan petugas untuk dapat menjalani pelayanan maksimal kepada penumpang.

Dengan demikian, penumpukan penumpang pada area-area tertentu yang ada di bandara dapat dihindari terlebih dahulu.

"Kemudian kami melakukan penebalan di area check-in yang saat ini sudah menjadi area publik di Terminal 1, 2 dan 3, sehingga petugas dapat melakukan profiling dan menunjukkan rasa aman kepada pengguna jasa di Bandara Soekarno-Hatta," tuturnya.

Angkasa Pura II, juga telah memprediksi terjadi peningkatan penumpang di area bandara pada H-3 Natal maupun H-2 Tahun Baru 2024. Dimana, pada momentum tersebut pergerakan penumpang tertinggi di angka 170 ribu dengan 1.050 sampai 1.090 pergerakan pesawat.

Selain itu, pihaknya menyiapkan 4,38 juta kursi penumpang penerbangan selama periode angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Penyiapan 4,38 juta kursi itu dinilai cukup untuk mendukung permintaan dari maskapai penerbangan di 20 bandara yang diproyeksikan mencapai 4,03 juta penumpang pada periode Natal dan Tahun Baru 2024.

Sejalan dengan proyeksi tersebut, AP II bersama pihak lain telah berkoordinasi guna memastikan ketersediaan kursi penumpang pesawat sesuai permohonan penerbangan tambahan (extra flight) dari maskapai di 20 bandara yaitu sebanyak 2.833 extra flight pada periode Nataru 2023/2024 terdiri dari 2.737 extra flight rute domestik dan 96 extra flight rute internasional.

Bandara-bandara yang dibawa pengelolaan AP II, juga memastikan kesiapan fasilitas layanan untuk menemani perjalanan keluarga, seperti misalnya playground untuk anak, nursery room dan fasilitas lainnya.

Fasilitas fast track di area security check point juga disiapkan bagi penumpang lanjut usia atau keluarga yang membawa anak kecil.

Baca juga: Bandara Ngurah Rai terima ratusan pengajuan penerbangan ekstra

Baca juga: Bandara Soekarno-Hatta bakal layani 170.000 penumpang libur akhir 2023

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023