Jakarta (ANTARA) - Lima berita hukum pada Jumat (15/12) yang terjadi di wilayah Indonesia masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai dari kecelakaan bus di Tol Cipali menewaskan 12 orang hingga kebakaran di Ambon timbulkan kerugian Rp 1 miliar.


Klik di sini untuk berita selengkapnya

1. 12 orang meninggal dunia dalam kecelakaan di exit tol Cikopo

Sebanyak 12 orang dikabarkan meninggal dunia dan sejumlah orang lainnya mengalami luka-luka dalam kecelakaan tunggal yang terjadi di jalan Interchange KM 72 Exit Tol Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Jumat.

Kepala Divisi Operasi Astra Tol Cipali, Sri Mulyo, dalam keterangannya diterima di Purwakarta, Jumat, menyampaikan bahwa kecelakaan tunggal ini melibatkan bus Handoyo AA-7626-OA jurusan Yogyakarta-Bogor.

Selengkapnya di sini

2. Kecelakaan bus di Tol Cipali diduga karena sopir hilang kendali

Kepolisian Daerah Jawa Barat menyatakan kecelakaan bus PO Handoyo yang terguling di ruas Tol Cipali, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Jumat sore, dan mengakibatkan 12 orang penumpangnya meninggal dunia, diduga karena pengemudi kehilangan kendali atas kendaraannya.

"Setibanya di TKP (tempat kejadian perkara) saat melaju di jalan yang menikung ke kiri, diduga pengemudi kurang antisipasi sehingga kendaraan oleng tidak terkendali menabrak guardril. Selanjutnya kendaraan terbalik miring, roda kiri di atas di badan jalan menghadap arah selatan," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Barat Komisaris Besar Polisi Ibrahim Tompo kepada wartawan di Bandung, Jumat.

Selengkapnya di sini

3. Kebakaran empat rumah di Ambon timbulkan kerugian Rp1 miliar

Humas Polresta Pulau Ambon dan PP Lease menyebutkan musibah kebakaran empat rumah dan dua unit kios milik warga di kawasan Bima Benteng Atas, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon menimbulkan kerugian sekitar Rp1 miliar.

"Tidak ada korban jiwa atau luka-luka dalam musibah itu, namun kerugian materiil cukup besar," kata Kasi Humas Polresta Ambon Ipda Janete S. Luhukay dalam keterangan diterima di Ambon, Jumat.

Selengkapnya di sini


4. Pakar Untag: Peluang kejahatan "social engineering" tinggi

Pakar Sistem Informasi Untag Surabaya Supangat, M.Kom., Ph.D., ITIL., COBIT., CLA., menyebut peluang munculnya jenis kejahatan baru lewat manipulasi digital atau social engineering yang merambah batas etika siber sangat tinggi.

"Social engineering (soceng) merupakan kecenderungan manipulasi menggunakan tingkat kepercayaan seseorang memperoleh informasi sensitif untuk mendapatkan akses ke dalam suatu sistem," kata Supangat di Surabaya, Jumat.

Selengkapnya di sini

5. Korlantas: Rekayasa lalu lintas Natal-Tahun Baru berdasarkan kajian

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia(Korlantas) Polri Kombes Pol. Eddy Djunaedi menyebut rencana rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan saat musim libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 sudah berdasarkan kajian.

"Jadi penerapan rekayasa lalu lintas tidak hanya berdasarkan pengalaman-pengalaman pengamanan yang sudah dilakukan tahun-tahun kemarin, tetapi kita sudah ada hitungannya," kata Eddy dalam konferensi pers persiapan Natal dan Tahun Baru 2024 yang digelar Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk Skema Pengaturan Jalan Nataru dan Kesiapan Jalan Alternatif dan Tol yang berlangsung secara daring dipantau di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2023