Jakarta (ANTARA) - Sejarah mencatat beberapa peristiwa unik dan menarik dari industri hiburan musik dunia terjadi pada hari ini. Dilansir dari thisdayinmusic.com, pada 16 Desember 1993 untuk kali pertama MTV menayangkan penampilan akustik paling ikonik dari salah satu band grunge terbesar yaitu Nirvana.

Selain itu, sejarah juga mencatat bahwa pada hari ini tahun 2003 raja pop Michael Jackson dibebaskan dengan jaminan sebesar USD3 juta dalam kasus pelecehan anak-anak. Tak ketinggalan pada hari ini tahun 2013, penyanyi Miley Cyrus mengasuransikan lidahnya senilai USD1 juta.

Berikut rangkuman selengkapnya.


Desember 2013
Penyanyi dan aktor seni peran Miley Cyrus dilaporkan telah mengasuransikan lidahnya dengan torehan angka sebesar USD1 juta. Sebuah sumber mengatakan kepada majalah Heat bahwa Miley benar-benar menyadari bahwa lidahnya lebih sering menjadi berita utama daripada dirinya sendiri.

"Mengasuransikan (lidah) hanyalah bagian dari citra dirinya. Ini bukan kali pertama dia melakukan hal seperti ini. Ketika memotong rambut hingga pendek, dia mencoba untuk mematenkan gaya rambut barunya itu agar dikenal sebagai 'The Miley'," kata sang sumber.

Baca juga: Gitar ikonik Eric Clapton dan Kurt Cobain bisa terjual jutaan dolar
The Beatles tampil di Shea Stadium, 15 Agustus 1965 (ANTARA/HO/thebeatles.com)


Desember 2005
Dua orang personel band The Beatles yang masih tersisa yaitu Paul McCartney dan Ringo Starr, beserta keluarga mendiang George Harrison dan John Lennon, mengajukan tuntutan hukum terhadap perusahaan EMI untuk mendapatkan royalti yang diperkirakan senilai 30 juta Poundsterling. Para personel dan keluarga mendiang anggota The Beatles mengklaim bahwa perusahaan musik itu berutang royalti yang sangat besar kepada perusahaan mereka yaitu Apple Corps.


Desember 2003
Raja pop Michael Jackson dibebaskan dari bui dengan jaminan uang sebesar USD3 juta setelah sebelumnya sempat ditangkap menyusul tuduhan pelecehan terhadap anak-anak. Penyanyi berusia 45 tahun itu dengan keras membantah tuduhan tersebut dan menyebutnya sebagai kebohongan besar.

Menyusul tuduhan pelecehan terhadap anak-anak, sebuah situs web informasi khusus didirikan oleh kantor Kejaksaan karena tingkat ketertarikan media terhadap kasus tersebut. Jacko yang sempat ditangkap, kemudian dibebaskan setelah menyerahkan diri kepada polisi pada tanggal 20 November. Dia lantas dijadwalkan hadir di pengadilan pada tanggal 9 Januari.


Desember 2001
Duet penyanyi Robbie Williams dan Nicole Kidman berhasil memuncaki tangga lagu Inggris sepanjang tiga pekan berbekal single milik Frank dan Nancy Sinatra tahun 1967 yaitu "Somethin' Stupid".


Desember 1997
Penyanyi dan penulis lagu asal Amerika Nicolette Larson meninggal pada usia 45 tahun karena komplikasi edema serebral. Nicolette terlibat kerja sama dengan sejumlah penyanyi dan musisi seperti Neil Young (album "Comes a Time" dan "Harvest Moon"), Emmylou Harris, Linda Ronstadt, Michael McDonald, Willie Nelson, Jimmy Buffett, The Beach Boys dan The Doobie Brothers. Dia menjadi terkenal lewat lagu cover milik Neil Young "Lotta Love" pada tahun 1978.


Baca juga: Saint Laurent menjual kaus band Nirvana dalam koleksi The Vintage


Desember 1993
Stasiun televisi MTV secara perdana menayangkan penampilan akustik yang ikonik dari salah satu band grunge terbesar yaitu Nirvana. Band yang beranggotakan Kurt Cobain, Krist Novoselic, Dave Grohl, dan Pat Smear itu sengaja memilih format unplugged agar tidak serupa dengan ragam acara musik yang tengah populer pada masa itu.

Nirvana juga secara sadar dan sengaja membawakan banyak lagu mereka yang kurang dikenal oleh publik dan memainkan ulang lagu dari band atau musisi bawah tanah yang jarang diketahui seperti Vaselines, Lead Belly, dan Meat Puppets dalam satu kali proses pengambilan rekaman.

Penampilan band membawakan sebanyak 14 lagu di Sony Music Studios New York City pada tanggal 18 November 1993 itu lantas dirilis pada tahun berikutnya sebagai "MTV Unplugged New York" dan menjadi album Nirvana pertama yang memasuki pasar setelah kematian sang vokalis Kurt Cobain.

Album tersebut kemudian memulai debut di puncak tangga lagu dan kerap mendapatkan pengakuan sebagai salah satu album live terhebat sepanjang masa.


Desember 1989
Musisi Amerika Billy Joel menduduki peringkat tertinggi tangga album lewat karya studio ke-11 miliknya yaitu "Storm Front". Album tersebut menampilkan salah satu dari tiga hit nomor wahid Joel yaitu "We Didn't Start the Fire" yang merupakan sebuah lagu bertempo cepat menggambarkan beberapa peristiwa sejarah besar yang terjadi pada masa itu.


Desember 1988
Penyanyi soul dan disko Amerika Sylvester James meninggal karena komplikasi AIDS di San Francisco pada usia 41 tahun. Single miliknya bertajuk "You Make Me Feel, Mighty Real" sempat berada di urutan ke-36 di tangga lagu Amerika Serikat dan nomor 8 tangga lagu Inggris tahun 1978.

Sylvester James juga dikenal sebagai penyanyi latar Aretha Franklin pada album "Who's Zoomin' Who'" tahun 1985.

Baca juga: Jaket Michael Jackson di iklan ikonik Pepsi 1984 siap dilelang
Mantan gitaris band Rolling Stones Mick Taylor. (ANTARA/HO/rollingstonesdata.com)


Desember 1974
Gitaris Mick Taylor mengumumkan kabar meninggalkan band Rolling Stones dengan pertimbangan bahwa dia merasa saat itu sebagai waktu untuk maju dan melakukan sesuatu yang baru.


Desember 1972
Hari kelahiran penyanyi Michael Sean McCary yang tergabung dalam kelompok vokal R&B Amerika Boyz II Men. Kelompok vokal ini memuncaki tangga lagu Amerika dan Inggris pada tahun 1992 berkat single "End Of The Road". Single ini mencatatkan rekor baru sepanjang sejarah dengan tetap berada pada posisi nomor satu di Billboard Hot 100 selama 13 pekan, sekaligus mematahkan catatan rekor sebelumnya yang digenggam oleh penyanyi Elvis Presley.

Baca juga: Boyz II Men tampil perdana diiringi live band di Jakarta

Penerjemah: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023