"Untuk pengamanan kegiatan Natal dan tahun baru kami akan mendirikan 194 pos yang terdiri dari 143 pos pengamanan, 42 pos pelayanan dan sembilan pos terpadu,"
Surabaya (ANTARA) - Kepolisian Daerah Jawa Timur mendirikan sebanyak 194 pos pengamanan, pelayanan dan terpadu pada Operasi Lilin Semeru 2023 untuk mengamankan Hari Raya Natal dan tahun baru di wilayah setempat.
 
 
"Untuk pengamanan kegiatan Natal dan tahun baru kami akan mendirikan 194 pos yang terdiri dari 143 pos pengamanan, 42 pos pelayanan dan sembilan pos terpadu," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Jatim Kombes Pol. Komarudin kepada wartawan di Surabaya, Sabtu.
 
 
 
Pos-pos itu, kata Komarudin akan didirikan pada titik yang memang dibutuhkan sesuai dengan karakteristik setiap wilayah.
 
"Penempatan Pos-pos tersebut nantinya akan ditempatkan di beberapa lokasi sesuai dengan kriteria, seperti tempat wisata, jalur penyeberangan dan tempat-tempat peribadatan," kata Komarudin.
 
 
 
Selain mendirikan pos, dalam operasi tersebut pihaknya mengerahkan 13.034 personel gabungan yang terdiri dari Polri, TNI dan pemangku kebijakan.
 
 
 
Komarudin menjelaskan pihaknya telah memetakan beberapa potensi dan titik rawan, termasuk titik rawan bencana, titik rawan kemacetan, atau mobilisasi masyarakat pada pergantian tahun nanti.
 
 
 
Diprediksi dari 107 juta pergerakan masyarakat, Jawa Timur menempati peringkat pertama dengan perkiraan 17 persen dari seluruh pergerakan yang ada.
 
 
 
"Artinya bahwa akan ada peningkatan aktivitas kegiatan dan inilah kita gelar rapat koordinasi lintas sektoral, untuk memastikan menempatkan bahwa sarana dan prasarana personel yang akan kita siapkan tepat sasaran dengan potensi yang ada," kata dia.

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023