"Kemarin saat Pak Mahfud di Sabang cerita-cerita bagaimana perhatian pada guru agama, Ponpes (pondok pesantren) dengan insentif yang ada termasuk program yang sudah berjalan hari ini. Yang sudah bagus, jangan diganti dan itu masukan dari masyarakat d
Bekasi (ANTARA) - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo berkomitmen untuk memberikan perhatian kepada guru agama maupun pondok pesantren dengan memberikan insentif guna mewujudkan pemerataan kualitas pendidikan nasional.

"Kemarin saat Pak Mahfud di Sabang cerita-cerita bagaimana perhatian pada guru agama, Ponpes (pondok pesantren) dengan insentif yang ada termasuk program yang sudah berjalan hari ini. Yang sudah bagus, jangan diganti dan itu masukan dari masyarakat dan kiai," ujarnya saat bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Modern Sirojul Munir di Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu.

Saat berdiskusi dengan Pimpinan Ponpes, Kiai, Ulama, ia juga mendapatkan masukan soal kesejahteraan terhadap guru agama.

"Tadi Kiai juga menyampaikan masukan kepada kami, perhatian kepada guru-guru agama juga termasuk pada guru-guru di Madrasah, karena UU (Undang-Undang) di Ponpes sudah ada," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar juga meminta kepada Pimpinan Ponpes, Kiai, Ulama agar dapat membantu menghadirkan suasana Pemilu 2024 yang sejuk dan damai.

"Saya selalu memesankan, debat sudah dimulai, masyarakat sudah bisa menilai. Maka kita mesti kurangi cerita-cerita buruk seperti hoaks, kemudian menyinggung perasaan, menyinggung soal golongan, suku agama mesti kita jauhi," katanya.

Menurutnya, pesta demokrasi harus dalam situasi riang, damai dan gembira, sehingga tidak ada yang saling mencela ataupun menjelekkan pasangan calon lainnya.

"Yuk kita lebih dengarkan apa yang jadi suara rakyat, dan rakyat bisa melihat apa yang menjadi masalahnya dan itu bisa diyakinkan setelah masing-masing bisa melihat track record dengan preferensi dan mengedukasi kepada calon pemilihnya," ucapnya.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
 
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023