Tanjung (ANTARA) - Polsek Bintang Ara membantu warga yang terdampak banjir di sejumlah desa di Kecamatan Bintang Ara, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel), akibat guyuran hujan berintensitas tinggi.

Jajaran Polsek Bintang Arab dipimpin Iptu Sardi Abdul Karim bersama warga setempat secara bergotong royong membantu warga Desa Usih RT06 dan Desa Bintang Ara RT03 yang terdampak banjir.

Baca juga: Beberapa wilayah di Pulau Laut Kotabaru tergenang banjir

"Puluhan rumah warga Desa Usih RT06 terdampak banjir karena luapan Sungai Tabalong Kiwa," tutur Iptu Sardi di Tabalong, Sabtu.

Sardi mengatakan banjir dengan ketinggian air sekitar satu meter juga menggenangi 40 rumah warga di Desa Bintang Ara RT03.

Selain itu, banjir dengan ketinggian air sekitar 1,5 meter juga menggenangi 45 rumah warga di RT05 dan 20 rumah warga di lingkungan RT06.

Baca juga: Banjarbaru Kalimantan Selatan diterjang banjir setinggi satu meter

Kapolres Tabalong AKBP Anib Bastian mengimbau warga agar menjaga anak-anak agar tidak bermain di pinggiran aliran sungai, mematikan sementara aliran listrik dan peralatan elektronik untuk menghindari korsleting listrik maupun bahaya sengatan listrik.

"Awasi barang dan surat berharga lainnya untuk mencegah terjadinya pencurian," ujar Anib.

Anib menuturkan Polres Tabalong telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Tabalong meminta bantuan dapur umum dan perahu guna mengevakuasi warga.

Baca juga: Sekitar 200 rumah warga Daha HSS terendam banjir kiriman

Banjir yang terjadi di Kecamatan Bintang Ara merupakan imbas dari luapan Sungai Tabalong Kiwa mencakup Desa Dambung Raya dan Desa Misim, serta Sungai Kumap akibat curah hujan yang tinggi selama dua hari berturut-turut.

Pewarta: Imam Hanafi/herlinalasmiati
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023