Washington (ANTARA) - Sepasang rudal balistik ditembakkan pada Jumat (15/12) dari daerah Yaman yang dikuasai oleh Houthi menuju jalur pelayaran internasional di selat Bab el-Mandeb, yang menghubungkan Laut Merah dan Teluk Aden, menurut militer Amerika Serikat (AS).

"Salah satu rudal ini menghantam MV PALATIUM3 berbendera Liberia, yang mengeluarkan seruan mayday dan melaporkan bahwa kapal tersebut ditembak," tulis Komando Pusat AS (CENTCOM) di platform X.

Kapal penghancur USS Mason menanggapi mayday (panggilan darurat melalui komunikasi radio-telepon internasional)  tersebut, katanya.

CENTCOM menyebutkan bahwa rudal lainnya kemungkinan besar tidak mengenai apa pun, dan tidak ada laporan yang menyebutkan ada korban pada satu dari tiga kapal yang diserang. 

"... namun rangkaian serangan terbaru ini merupakan bukti lain dari risiko besar terhadap pelayaran internasional yang disebabkan oleh tindakan Houthi ini," tegas pusat komando itu.

CENTCOM pada Jumat (15/12) pagi mengatakan Kendaraan Udara Tak Berawak yang diluncurkan dari wilayah yang dikuasai Houthi menghantam Kapal Motor AL JASRAH berbendera Liberia saat kapal itu melakukan perjalanan ke selatan di Laut Merah.

Api yang disebabkan oleh serangan itu sudah dipadamkan, kata pusat komando tersebut.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby mengatakan pada Jumat bahwa transit lalu lintas komersial di Laut Merah saat ini “lebih berbahaya” dibandingkan sebelumnya.

Gedung Putih --kantor presiden AS-- akan “berbicara lebih banyak” mengenai rincian gugus tugas maritim dalam beberapa hari mendatang, katanya. 

Seorang juru bicara Houthi mengatakan sebelumnya bahwa kelompok tersebut akan menargetkan semua kapal yang menuju ke Israel, terlepas dari kebangsaannya. 

Houthi juga memperingatkan semua perusahaan pelayaran untuk menghindari berurusan dengan pelabuhan Israel.

Operasi kelompok tersebut terhadap kapal-kapal bertepatan dengan serangan Israel di Jalur Gaza sejak serangan lintas batas dilancarkan pada 7 Oktober oleh kelompok Palestina Hamas.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Inggris tembak jatuh 'drone'yang diduga targetkan kapal di Laut Merah

Baca juga: Houthi Yaman tingkatkan kesiapan untuk berperang lawan Israel


 

Kelompok Houthi musnahkan narkoba dalam jumlah besar di Yaman utara

Penerjemah: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2023