Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Penasehat DPP Jaringan Santri Indonesia (JSI) Marzuki Alie mengimbau masyarakat Indonesia untuk menjaga kerukunan dan persatuan di masa kampanye Pemilu 2024.

“Pak Prabowo menyampaikan pesan, janganlah saling memfitnah. Mari berangkulan untuk bersama-sama membangun negara ini. Demokrasi pasti terjadi kontestasi, pasti terjadi pemilihan dan pasti akan ada perbedaan-perbedaan dalam memilih,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Hal itu disampaikan Marzuki saat mewakili Ketua Dewan Pembina JSI Prabowo Subianto pada kegiatan Doa Syukur dan Dzikir Akhir Tahun 2023, yang dilaksanakan JSI Provinsi Bangka Belitung. Kegiatan ini bertajuk "Bersyukur Atas Keberkahan dan Doa untuk Masa Depan Bangsa Yang Lebih Baik" itu dihadiri jamaah JSI di Pondok Pesantren Al-Barokah, Kabupaten Bangka Tengah.

"Pak Prabowo menyampaikan salam hormat dan minta maaf atas ketidakhadirannya pada acara ini karena harus mengikuti jadwal kampanye ke beberapa daerah di seluruh Indonesia," katanya.

Marzuki menyampaikan Prabowo meminta masyarakat agar tidak saling memfitnah, mencaci maki, serta dapat menjaga kenyamanan dan kerukunan. Sebagai bangsa besar kata dia, jangan sampai terpecah.

"Sangat mudah asing untuk masuk menjajah dan menguasai negara kita, kalau kita terpecah belah,” katanya.

Marzuki menuturkan acara doa dan zikir yang digagas oleh Prabowo ini untuk mengajak masyarakat bersyukur atas segala nikmat dan anugerah yang diberikan Allah SWT kepada Bangsa Indonesia.

Selain itu, dia meminta mendoakan Prabowo yang saat ini maju sebagai calon presiden bersama Gibran Rakabuming Raka. Dia berharap Prabowo dan Gibran mendapatkan amanah dan diberikan kesehatan untuk membangun Indonesia.

Dia mengatakan JSI mendukung upaya ketua Dewan Pembina JSI untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara maju. Hal itu diwujudkan dengan program Prabowo untuk memberikan makan siang dan susu gratis bagi pelajar dan santri serta pemberian penambahan gizi bagi ibu hamil dan balita.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
 

Pewarta: Fauzi
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023