Jakarta (ANTARA) - Legenda NBA Kareem Abdul-Jabbar menjalani perawatan di rumah sakit setelah mengalami patah tulang pinggul.

Mantan pebasket yang kini berusia 76 tahun itu menderita patah tulang pinggul setelah terjatuh di sebuah konser, Sabtu.

“Tadi malam saat menghadiri konser, Kareem tidak sengaja terjatuh dan pinggulnya patah. Dia akan menjalani operasi hari ini,” kata perwakilan Abdul-Jabbar, Deborah Morales mengutip laporan AFP, Minggu.

Morales mengatakan, Abdul-Jabbar langsung dibawa ke rumah sakit dan dijadwalkan menjalani operasi secepatnya guna memperbaiki cederanya.

“Kami sangat mengapresiasi semua dukungan untuk Kareem, terutama dari Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles, yang membantu Kareem di lokasi, dan tim medis serta dokter yang luar biasa di Rumah Sakit UCLA, yang saat ini merawat Kareem dengan baik,” ujar Morales.

Meski demikian, Morales tidak mengungkapkan konser apa yang dihadiri oleh Abdul-Jabbar saat itu, atau kronologi lengkap soal bagaimana ia terjatuh.

Abdul-Jabbar dikenal sebagai seorang center yang sangat ikonis karena merupakan juara NBA enam kali, sekaligus peraih gelar MVP selama enam kali dalam 20 musim liga.

Center dengan tinggi 2,18 meter tersebut melakukan debut NBA bersama Milwaukee Bucks pada 1969, dan pada 1971 membawa Bucks meraih mahkota NBA pertama mereka.

Abdul-Jabbar masuk ke bursa transfer Los Angeles Lakers pada 1975 dan membawa Lakers meraih lima gelar pada 1980-an, sebelum akhirnya memutuskan untuk pensiun pada 1989.

Pemain NBA All-Star sebanyak 19 kali, yang dikenal dengan tembakan khasnya berjuluk “Skyhook” itu, juga memecahkan rekor pencetak poin terbanyak sepanjang masa NBA pada 1984.

Ia memegang rekor itu selama bertahun-tahun sebelum akhirnya dipatahkan oleh bintang Lakers lainnya, LeBron James, awal tahun ini.

Baca juga: 39 pemain asing ramaikan IBL 2024
Baca juga: Lakers juara pertama NBA In-Season Tournament


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023