Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 39 pemain asing yang tersebar ke 14 klub akan meramaikan kompetisi bola basket tertinggi di tanah air, Indonesian Basketball League (IBL) tahun 2024.

Direktur Indonesian Basketball League (IBL) Junas Miradiarsyah mengatakan bahwa wajah-wajah baru tersebut mengisi 30 persen dari posisi pemain yang ada dan akan diumumkan pada 1 Januari mendatang.

“Harapannya bisa meluapkan daya kompetisinya di bola basket nasional kita, kemudian menjadi daya tarik tersendiri untuk para pendukung tim yang akan bermain di home-nya,” kata Junas saat Media Day IB
di Jakarta, Selasa.

Berdasarkan data yang dimiliki Indonesia Basketball League (IBL) delapan diantara pemain asing tersebut merupakan mantan pemain yang pernah berlaga di National Basketball Association (NBA), serta sejumlah pemain G League dan Euroleague.

Mantan pemain NBA yang memperkuat lima klub basket di Indonesia, yakni Jerome Jordan dan LeBryan Nash (RANS Simba); Malachi Lewis Richardson, Thomas Earl Robinson dan Kevin Ornel (Pelita Jaya); Jordan Adam (Dewa United); Jabari Bird (Rajawali Medan); Mychael Gerome Henry. (Satria Muda).

Sebanyak 14 tim basket akan berkompetisi dalam IBL 2024. Terdapat beberapa perubahan klub seperti pergantian nama, kota, dan lisensi terjadi di musim mendatang.

Bumi Borneo Basketball kini berganti nama sebagai Borneo Hornbills. Selain itu, Rans Pik Basketball berpindah homebase dan kini menjadi Rans Simba Bogor. Lalu Evos Thunder Bogor berganti lisensi dan menjadi Rajawali Medan.

Dengan menghadirkan sesuatu yang baru pada IBL musim mendatang diharapkan bisa memacu kemajuan bola basket di Indonesia.


Baca juga: Perbasi ingatkan klub taat prosedur perizinan rekrut pemain daerah
Baca juga: Dirut IBL optimistis format kandang-tandang tingkatkan minat basket
Baca juga: Abraham Damar harap format baru IBL dongkrak kualitas Timnas Indonesia


Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023