Batam (ANTARA News) - Otoritas Bandara Internasional Hang Nadim Batam menyiapkan dua klinik kesehatan menghadapi arus Mudik dan Balik Lebaran Idul Fitri 1434 Hijriyah.

"Satu klinik dikelola oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKS) dan satu disipakan khusus oleh pengelola Hang Nadim," kata Kepala Bagian Umum dan Keuangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Siuwarso di Batam, Jumat.

Selain itu, kata dia, juga akan disediakan satu ambulan untuk membantu penumpang yang mengalami gangguan kesehatan dan membutuhkan penanganan rumah sakit.

"Beberapa perawat dan dokter juga disiagakan di Hang Nadim. Karena diperkirakan jumlah pemudik akan melonjak dibanding tahun-tahun sebelumnya," kata dia.

Suwarso mengatakan, pihak Hang Nadim bekerjasama dengan sejumlah pihak seperti bandara hang nadim, Kepolisian, LLAJ, Satpol PP juga mendirikan dua posko mudik di Hang Nadim Batam.

"Posko akan efektif berlaku tujuh hari menjelang lebaran hingga tujuh hari setelah lebaran," kata dia.

Sebelumnya, Otoritas Bandara Internasional Hang Nadim Batam memperkirakan jumlah penumpang pesawat saat mudik Lebaran Idul Fitri 1434 Hijriah akan mengalami kenaikan 12,5 persen dibanding pada 2012.

Hal tersebut, kata Suwarso berdasarkan tren peningkatan penumpang dan jumlah penerbangan di Hang Nadim Batam sepanjang 2013.

Rata-rata penumpang pesawat saat masa Lebaran mencapai 6.500 sampai 6.700 per hari, sementara untuk mudik 2013 diperkirakan akan mencapai hampir 8.000 penumpang perhari.

"Perkiraan penumpang tersebut juga berdasarkan lonjakan jumlah rute penerbangan dari Hang Nadim yang pada 2012 hanya 86 kali perhari. Sementara hingga saat ini sudah ada 112 kali penerbangan per hari," kata dia.

Pewarta: Larno
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013