Gili Balu ke depan akan menjadi ikon pariwisata NTB
Mataram (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) H Lalu Gita Ariadi resmi meluncurkan logo Gili Balu, Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat dalam rangka mendukung pengembangan pariwisata di daerah setempat.

"Gili Balu ke depan akan menjadi ikon pariwisata NTB," kata Gita Ariadi saat melakukan kunjungan kerja di Sumbawa Barat, Minggu.

Ia mengatakan, pengembangan Gili Balu ke depan akan menjadi sangat penting, terutama meningkatkan daya tarik wisatawan untuk datang ke NTB.

"Proyek ini sebagai langkah strategis untuk meningkatkan daya tarik pariwisata. Proyek strategis ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,’’ katanya.

Ia mengatakan gugusan pulau kecil ini memiliki aneka ragam sumber daya dan berpotensi menarik wisatawan. Gugusan ini terdiri dari Pulau Kenawa, Pulau Kalong, Pulau Namo, Pulau Ular, Pulau Belang, Pulau Kambing, Pulau Mandiki dan Pulau Paserang.

‘’Gili Balu bisa menjadi destinasi pariwisata yang menakjubkan, menciptakan peluang ekonomi baru dan memberikan dampak positif bagi masyarakat lokal,’’ katanya.

Ia mengatakan proyek ini mencakup pengembangan infrastruktur pariwisata, pelestarian lingkungan, dan peningkatan aksesibilitas ke pulau-pulau kecil tersebut. Dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, sektor swasta dan masyarakat setempat.

"Ke depan Gili Balu dapat menjadi destinasi wisata unggulan yang berkelanjutan. Saya harap seluruh masyarakat NTB berpartisipasi dan mendukung keberhasilan proyek tersebut,’’ katanya.

Peluncuran logo Gili Balu ini sekaligus mengukuhkan komitmen pemerintah NTB mengembangkan sektor pariwisata sebagai salah satu motor penggerak ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

"Semoga ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya.

Sementara itu, Sekda Sumbawa Barat, H. Amar Nurmansyah mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Pj Gubernur NTB bersama seluruh jajaran Pemerintah Provinsi NTB.

‘’Kami harap ke depan pemerintah NTB terus mendukung pengembangan Gili Balu sebagai salah satu potensi utama pengembangan pariwisata di Sumbawa Barat," katanya.

Ia mengatakan Gili Balu sebagai salah satu destinasi andalan ke depan dan keberadaan Gili Balu memiliki potensi cukup besar untuk pengembangan pariwisata.

‘’Pengembangan pariwisata di Gili Balu butuh dukungan pemerintah NTB. Terutama dari sisi perizinan dan lain sebagainya,’’ katanya.

Baca juga: Penjaga laut dari Gili Balu
Baca juga: PT AMNT dan Pemprov NTB luncurkan Konservasi Gili Balu Sumbawa Barat
Baca juga: Gili Matra dan Gili Balu jadi pusat rehabilitasi terumbu karang

 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023