Jakarta (ANTARA) - Arsenal naik ke peringkat pertama klasemen sementara Liga Inggris setelah mengalahkan Brighton dengan skor 2-0 pada pekan ke-17 di Stadion Emirates, London, Minggu.

Pada pertandingan ini Arsenal mengamankan kemenangan berkat gol yang dicetak oleh Gabriel Jesus dan Kai Havertz, demikian catatan Liga Inggris.
 
Kini Arsenal menempati peringkat pertama setelah menorehkan 39 poin dari 17 pertandingan, sedangkan Brighton turun ke posisi sembilan dengan 26 poin.
 
Posisi Arsenal di peringkat pertama masih dapat digeser andai Liverpool dapat mengamankan poin penuh ketika menjamu Manchester United, malam ini.
 
Secara statistik Arsenal mendominasi pertandingan ini dengan mencatatkan 51 persen penguasaan bola serta melepaskan total 19 tendangan yang sembilan di antaranya tepat sasaran.
 
Arsenal mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu pada pertandingan ini dan sempat memberikan ancaman lewat tendangan Bukayo Saka yang masih dapat diselamatkan kiper Brighton Bart Verbruggen.
 
Skuad asuhan Mikel Arteta terus menggempur lini pertahanan Brighton, akan tetapi penampjlan gemilang Verbruggen dapat meredam serangan pemain Arsenal.
 
Pada sisa waktu babak pertama, Arsenal tetap berupaya untuk mencuri keunggulan terlebih dahulu, akan tetapi hingga turun minum skor 0-0 tetap bertahan.
 
Memasuki babak kedua, Arsenal berhasil mencetak gol terlebih dahulu pada menit 53 setelah sundulan Gabriel Jesus tak dapat diselamatkan Verbruggen sehingga skor berubah menjadi 1-0.
 
Mampu unggul terlebih dahulu, Arsenal tetap memperagakan permainan menyerang dan sukses menggandakan keunggulan pada menit 87.
 
Berawal dari umpan yang dikirimkan oleh Eddie Nketiah, bola dapat diterima oleh Kai Havertz dan pemain asal Jerman selanjutnya melepaskan tendangan kaki kiri yang membobol gawang Brighton sehingga skor berubah menjadi 2-0. Skor tersebut bertahan hingga pertandingan selesai.

Baca juga: Drama tujuh gol warnai kemenangan Arsenal atas Luton Town
Baca juga: Arsenal menang 2-1 atas Wolves untuk puncaki klasemen Liga Inggris
 
Sementara itu, Aston Villa sukses naik ke peringkat kedua klasemen sementara Liga Inggris setelah mengalahkan Brentford dengan skor 2-1 di Stadion Gtech Community, London.
 
Kini Aston Villa menempati peringkat kedua setelah telah mengumpulkan total 38 poin dari 17 pertandingan, sedangkan Brentford masih tertahan di posisi ke-12 dengan 19 poin.
 
Pada pertandingan ini Brentford sempat unggul terlebih dahulu lewat gol Keane Lewis-Porter, namun Aston Villa dapat bangkit serta membalikkan keadaan berkat Alex Moreno serta Ollie Watkins.
 
Selain itu, West Ham juga sukses mengamankan kemenangan setelah mengalahkan Wolves 3-0 di Stadion London, London.
 
Kemenangan West Ham lahir berkat brace yang dicatatkan oleh Mohamed Kudus serta satu gol Jarrod Bowen.
 
Hasil ini membuat West Ham naik ke peringkat delapan dengan 27 poin hasil 17 pertandingan, sementara Wolves tertahan di posisi 13 dengan 19 poin.

Baca juga: Aston Villa merangsek ke posisi ketiga setelah tundukkan Arsenal

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023