Makassar (ANTARA News) - Jumlah penumpang di Pelabuhan Makassar mulai meningkat sekitar enam persen atau sekitar 1.500 orang per hari, dibanding kondisi normal.

"Arus penumpang yang naik ataupun turun di Pelabuhan Makassar mulai naik, meskipun belum signifikan," kata Humas PT Pelindo Makassar M Akira Fauzi di Makassar, Sabtu.

Menurut dia, penumpang yang menempati teras gedung Pelabuhan Makassar sebagian besar merupakan penumpang transit dan masih menunggu kapal menuju tujuan akhir.

Hal itu dibenarkan salah seorang penumpang asal Bima, NTB, Bunyamin yang bekerja di Kalimantan Selatan.

"Sudah lima hari saya di sini menunggu kapal, dan rencananya besok (Minggu, 28/7) baru bertolak ke Bima setelah KM Kalimutu sandar di Pelabuhan Makassar," katanya.

Berdasarkan data PT Pelni Cabang Makassar, pada Minggu (28/7) sebanyak tiga kapal akan berlabuh di Makassar dan dua di antaranya tujuan wilayah selatan yaitu Bima, Larantuka, Kupang, Denpasar dan Surabaya, dengan KM Kelimutu dan KM Wilis.

Untuk KM Wilis memiliki kapasitas penumpang sebanyak 640 orang penumpang, sedangkan KM Kelimutu sebanyak 1.198 orang penumpang.

Puncak arus mudik melalui Pelabuhan Makassar diprediksi pada H-4 hari raya Idul Fitri 1434 Hijriah atau 5 Agustus 2013.
(T.S036/B/E005/E005) 27-07-2013 14:38:10

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013