Kabul (ANTARA News) - Gubernur Provinsi Samangan di bagian utara Afghanistan ,  Khairullah Anosh selamat dari serangan bom tepi jalan pada Sabtu ketika dia sedang dalam perjalanan untuk bekerja, kata sejumlah pejabat.

"Gubernur Provinsi Samangan (Khairullah Anosh) sedang menuju ke kantornya dengan mobil bak terbuka di kota Aibak. Dalam perjalanan kendaraanya terkena satu bom di tepi jalan," kata Sediq Aziz, juru bicaranya kepada AFP.

"Gubernur bersama dua pengawalnya menderita cedera ringan akibat serangan itu," kata Aziz.

Serangan tersebut terjadi sehari setelah pembom bunuh diri yang mengendarai sepeda motor menyerang satu pasar yang ramai di Provinsi Ghazni. Sebanyak tujuh orang meninggal termasuk seorang pemimpin milisia anti-Taliban.

Taliban menyatakan bertanggung jawab atas serangan Sabtu itu.

"Para mujahidin kami telah menyerang konvoi gubernur Provinsi Samangan," kata juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, dalam satu pernyataan.

Para gerilyawan Taliban seriang menggunakan bom-bom tepi jalan untuk menyasar warga Afghanistan dan tentara internasional sejak kejatuhan pemerintahan Taliban oleh invasi pimpinan Amerika Serikat pada 2001.

Deputi Kepala Keamanann Samangan, Mosadiqullah Mazafari, membenarkan serangan tersebut yang menyasar gibenrnur itu. Gubernur Anosh selamat akibat serangan itu.


Penerjemah: M. Anthoni

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013