Mamuju (ANTARA) - Sebanyak 33 Pekerja Migran Indonesia (PMI) diberangkatkan ke Malaysia pada pelayaran perdana di Pelabuhan Tanjung Silopo Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat, menuju Pelabuhan Lahad Datu, Tawau, Sabah, Malaysia.

"Kami berterima kasih atas kehadiran pemerintah dalam memfasilitasi rute pelayaran Polewali Mandar ke Lahad Datu Malaysia melalui Pelabuhan Tanjung Silopo," kata Ujang Saidin, Ketua Rombongan PMI dari PT Mutiara Putra Utama Polewali Mandar, Selasa.

Sebelum beroperasinya pelayaran langsung dari Polewali Mandar ke Malaysia melalui Pelabuhan Tanjung Silopo-Lahad Datu tambahnya, para PMI yang akan bekerja ke Malaysia harus transit di Nunukan Provinsi Kalimantan Utara, selanjutnya naik perahu cepat menuju Lahad Datu.

"Setelah beroperasi pelayaran internasional Tanjung Silopo-Lahad Datu ini, pemberangkatan PMI sudah bisa langsung dari Polewali Mandar ke Malaysia. Jadi nanti dari Lahad Datu lanjut naik bus ke kota Maradu," terang Ujang Saidi.

Baca juga: Sulbar perkuat layanan perlindungan pekerja migran Indonesia

Baca juga: Manaker resmikan layanan terpadu pekerja migran di Polewali Mandar


Ke-33 PMI yang diberangkatkan pada pelayaran perdana dari Pelabuhan Tanjung Silopo ke Pelabuhan Lahad Datu itu tambahnya, sebanyak 12 orang diantaranya warga Kabupaten Polewali Mandar, dan sisanya berasal dari daerah lain, bahkan ada dari luar Sulawesi Barat.

"Para PMI ini akan bekerja di PT Mutiara Putra Utama Polewali Mandar di Kota Marudu, Malaysia," ujar Ujang Saidi.

Sementara, Gubernur Sulawesi Barat periode 2017-2022 Ali Baal Masdar, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Penjabat Gubernur Zudan Arif Fakrulloh yang telah merealisasikan pelayaran internasional di Kabupaten Polewali Mandar tersebut.

"Terwujudnya akses pelayaran langsung ke Lahad Datu Malaysia ini telah lama dinantikan masyarakat Sulawesi Barat yang bekerja di Lahad Datu Malaysia," kata Ali Baal Masdar.

Ia mengaku telah merintis rute pelayaran langsung dari Polewali Mandar ke Lahad Datu Malaysia sejak enam tahun lalu.

"Sejak enam tahun lalu, saya bersama Bupati Polewali Mandar Andi Andi Ibrahim Masdar, merintis rute pelayaran ini hingga dapat diwujudkan tahun ini berkat dukungan Penjabat Gubernur Sulawesi Barat," jelas Ali Baal Masdar.

Sementara, Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, pelayaran Tanjung Silopo ke Pelabuhan Lahad Datu juga berpotensi menjadi jalur perdagangan dan angkutan produk lokal daerah dengan tujuan mendorong perekonomian daerah dan mensejahterakan masyarakat Sulbar.

Ia menyampaikan bahwa banyak produk lokal asal Sulbar yang bisa diekspor ke Malaysia, diantaranya beras, sayur, telur serta buah-buahan.

"Saya akan dukung penuh. Kita siap kembangkan, dari pengiriman PMI, non-PMI, setelah itu pengiriman barang barang dan berbagai hasil pertanian dari Sulbar," terang Zudan Arif Fakrulloh.

Baca juga: 1.000 PMI akan pulang, Gubernur Sulbar koordinasi dengan Mensos

Pewarta: Amirullah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023