Semarang (ANTARA News) - Pebalap nasional Rio Haryanto hanya menempati posisi ke-11 pada race pertama atau "feature race" seri ketujuh lomba balap mobil GP2Series di Budapest, Hongaria, Sabtu waktu setempat.

Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati ketika dihubungi dari Semarang, Minggu, mengatakan, Rio Haryanto memulai star pada posisi kedelapan tetapi sempat mundur pada posisi ke-18 karena pada saat star sepertinya ada yang tidak bisa digerakkan, meskipun mesin dan settingan kendaraannya tidak ada masalah.

Akhirnya, pebalap berusia 20 tahun tersebut berhasil menyelesaikan race pertama yang menempuh jarak 162,097 kilometer (sejauh 36 putaran) tersebut pada posisi ke-11 dengan catatan waktu 58 menit 06,428 detik.

Sementara itu rekan satu tim Rio Haryanto di Addax Barwa, pebalap asal Amerika Serikat Jake Rosenzweig gagal menyelesaikan lomba ini dan hanya menyelesaikan 32 putaran dengan catatan waktu 51 menit 42,297 detik.

Dengan hasil ini Rio Haryanto tidak berhasil menambah poin dan tetap mengumpulkan poin 20 dari enam seri sebelumnya dan tetap menempati posisi ke-18 klasemen sementara lomba balap mobil GP2Series tahun ini.

Sementara itu juara pada seri ketujuh di Hongaria ini direbut pebalap tim Carli Jolyon Palmer dengan catatan waktu 57 menit 14,477 detik sedangkan kedua ditempati M Ericsson dari tim DAMS dengan catatan waktu 57 menit 29,884 detik, sedangkan posisi ketiga direbut pebalap tim Carlin lainnya Felipe Nasr dengan catatan waktu 57 menit 30,271 detik.

Dengan hasil ini Jolyon Palmer mendapat tambahan poin 25 sehingga total nilai yang dikumpulkan sekarang ini adalah 64 dan menempati peringkat ketujuh klasemen sementaram kemudian M Ericsson mendapat tambahan poin 20 sehingga total yang dikumpulkan sebanyak 56 dan menempati peringkat kesembilan, sedangkan F Nasr mendapat tambahan poin 15 sehingga total poin yang dikumpulkan adalah 123 dan menempati peringkat kedua klasemen sementara.

Sampai berakhirnya race kedua seri ketujuh di Hongaria ini, peringkat pertama ditempati pebalap S Colleti dari tim Carlin Inggris dengan nilai 135, sedangkan kedua ditempati rekannya Felipe Nasr dengan poin 123, sedangkan ketiga adalah Fabio Leimer dari tim Racing Engineering dengan total poin 100.

Sementara itu secara tim, peringkat pertama ditempati tim Carlin dengan total poin 187 kemudian disusul Rapax dengan poin 151, dan ketiga adalah Russian Time dengan poin 142.

Race kedua atau "sprint race" seri ketujuh di Hongaria, Minggu waktu setempat akan menempuh jarak 122,668 kilometer sebanyak 28 putaran. Sirkuit di Hongaria ini memiliki panjang lintasan 4.381 kilometer. (*)

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013