Haikou (ANTARA) - Sebuah jalan raya dengan pemandangan indah yang mengitari pulau utama Provinsi Hainan, China, dibuka untuk lalu lintas umum pada Senin (18/12), menurut konferensi pers di Haikou, ibu kota provinsi tersebut.

Proyek ini memiliki total perkiraan investasi sebesar 16,35 miliar yuan (1 yuan = Rp2.175) atau sekitar 2,3 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp15.516), kata Huang Peng, kepala insinyur departemen transportasi provinsi itu.

Jalan raya ini memiliki panjang 988 kilometer dan memiliki 45 platform pengamatan, 25 area parkir, 66 sabuk parkir di tepi jalan, dan 14 stasiun pengisian daya kendaraan listrik, kata Huang..

Jalur ini melintasi 12 kota dan wilayah pesisir, 64 town pesisir, serta lebih dari 1.200 desa, tambah Huang.

Jalan lingkar tersebut menghubungkan 31 objek wisata tingkat A di Provinsi Hainan, 21 resor wisata pesisir, tujuh pusat olahraga maritim, 61 desa tradisional China, 27 situs budaya prasejarah, tiga kota bersejarah.

Serta sembilan kota warisan budaya takbenda, dan 40 lokasi wisata yang populer di kalangan selebritas media sosial, urai Wang Zhongyun, yang menjabat wakil direktur departemen budaya, radio, televisi, pariwisata, dan olahraga provinsi itu.

Menurut Wang, kehadiran jalan raya itu akan mendorong pembangunan industri pariwisata Hainan. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023